PENINGKATAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VIIA SMP MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode SQ3R. Keterampilan metakognitif adalah kesadaran tentang proses berfikir siswa atau pembelajaran diri sendiri. Metode SQ3R merupakan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KHASANAH , DESTY NUR
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8556/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010 dengan menggunakan metode SQ3R. Keterampilan metakognitif adalah kesadaran tentang proses berfikir siswa atau pembelajaran diri sendiri. Metode SQ3R merupakan metode pembelajaran yang meliputi langkah-langkah survey, question, read, recite and review. Survey, memeriksa atau mengidentifikasi seluruh materi. Question, membuat pertanyaan-pertanyaan dari materi. Read, membaca pokok kajian secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun. Recite, menghafal atau mengulang setiap jawaban yang telah ditemukan. Review, meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun sebelumnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus dilaksanakan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta, sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode SQ3R dalam pembelajaran biologi keterampilan metakognitif siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata skor angket siswa dari masing-masing siklus yaitu pada siklus I sebesar 75,6 dengan kategori sedang; pada siklus II rata-rata skor meningkat menjadi 86 dengan kategiri tinggi; pada siklus III rata-rata skor kembali mengalami peningkatan menjadi 90,6 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2009/2010.