PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN“ORGANISASI KEHIDUPAN ” MENGGUNAKAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS VIID SMP NEGERI 3 REMBANG TAHUN AJARAN 2009/2010

Siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Rembang dalam proses pembelajaran masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang pasif, menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun pendekatan yang digunaka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARDYARINI, WAHYU DINA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8555/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Rembang dalam proses pembelajaran masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai pada saat pembelajaran berlangsung, siswa banyak yang pasif, menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun pendekatan yang digunakan yang kurang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan pendekatan crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pokok bahasan organisasi kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi crossword puzzle pada siswa kelas VIID SMP N 3 Rembang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIID yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar biologi pokok bahasan organisasi kehidupan siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Rembang sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 5,7. Dan rata-rata siklus I meningkat menjadi 6,3. Siklus II 6,7dan pada siklus III mengalami peningkatan yaitu sebesar 7,5. Menunjukkan setelah diberi materi dengan menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal. Untuk nilai aspek afektif mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 11,4 (siswa cukup berminat), siklus II sebesar 13,3 (siswa cukup berminat), siklus III sebesar 15,5 (siswa berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar biologi pokok bahasan organisasi kehidupan siswa kelas VIID SMP Negeri 3 Rembang tahun ajaran 2009/2010 pada aspek kognitif sebesar 0,65 point atau 65%.