PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan penguasaan konsep biologi dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan media macromedia flash pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Riyani, Rismiati Indah
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8545/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses dan penguasaan konsep biologi dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan media macromedia flash pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan media macromedia flash yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan observasi kualitas proses pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran pada siklus I (Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran = 70% dengan indikator yang telah ditentukan, rata-rata capaian indikator suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung = 90,83%, dan ketuntasan prestasi belajar siswa = 92,86% (kategori berhasil)). Kualitas proses pembelajaran pada siklus II (Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran = 79,58% dengan indikator yang telah ditentukan, rata-rata capaian indikator suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung = 99,17%, dan ketuntasan prestasi belajar siswa = 100% (kategori berhasil)). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan media macromedia flash dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan penguasaan konsep biologi hal ini ditinjau dari tiga aspek yaitu keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran, suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, dan ketuntasan prestasi belajar pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 2 Kartasura.