IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN SISWA KELAS VIII F SMPN 2 GATAK, KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi pokok bahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 dengan metode pembelajaran ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan dal...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SANTOSO , MARSUDI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8542/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi pokok bahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010 dengan metode pembelajaran ekspositori. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Penelitian ini diawali dengan pemberian tes kemampuan awal dan pemberian tes siklus disetiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, diskusi, dokumentasi, tes dan lembar penilaian afektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan). Untuk data yang diperoleh dari tes kemampuan awal, tes siklus I, II, III dan data pengamatan dengan lembar penilaian afektif dianalisis secara kuantitatif dengan penghitungan standar deviasi (SD). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai siklus I {ranah kognitif: 5,55 atau meningkat sebesar 0,61 dari nilai awal dengan SD 1,26; ranah afektif: 27,21 (termasuk kategori cukup berhasil) dengan SD 27,21}. Rata-rata nilai siklus II {ranah kognitif: 8,18 atau meningkat sebesar 2,63 dari nilai siklus I dengan SD 1,26; ranah afektif: 36,28 (termasuk cukup berhasil) dengan SD 2,33}. Rata-rata nilai siklus III {ranah kognitif: 9,23 atau meningkat sebesar 1,05 dari siklus II dengan SD 0,58; ranah afektif:42,47 (termasuk kategori berhasil) dengan SD 0,93}. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode ekspositori dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang terbukti dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada struktur dan fungsi jaringan tumbuhan siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010.