PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam 3 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), 2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam 3 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif t...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: Chasanah, Faidatun Nur
Format: Thèse
Langue:English
English
Publié: 2010
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/8541/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
_version_ 1804994635452383232
author Chasanah, Faidatun Nur
author_facet Chasanah, Faidatun Nur
author_sort Chasanah, Faidatun Nur
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam 3 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), 2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam 3 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari aktivitas dan hasil belajar (aspek kognitif) siswa pada mata pelajaran Biologi. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) Peningkatan aktivitas siswa untuk membaca materi mencapai 19 siswa (78,26%), aktivitas siswa mendengarkan diskusi mencapai 17 siswa (73,91%), aktivitas siswa memecahkan permasalahan mencapai 16 siswa (70%), aktivitas siswa untuk presentasi mencapai 23 siswa (100%), aktivitas siswa untuk menjawab pertanyaan mencapai 17 siswa (73,91%) dan aktivitas siswa untuk menulis laporan mencapai 23 siswa (100%), 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai  60 mencapai 16 siswa (70%) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8541
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8541 https://eprints.ums.ac.id/8541/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Chasanah, Faidatun Nur L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Aktivitas belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam 3 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI), 2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Al Islam 3 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus III melalui empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari aktivitas dan hasil belajar (aspek kognitif) siswa pada mata pelajaran Biologi. Data dikumpulkan melalui metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) Peningkatan aktivitas siswa untuk membaca materi mencapai 19 siswa (78,26%), aktivitas siswa mendengarkan diskusi mencapai 17 siswa (73,91%), aktivitas siswa memecahkan permasalahan mencapai 16 siswa (70%), aktivitas siswa untuk presentasi mencapai 23 siswa (100%), aktivitas siswa untuk menjawab pertanyaan mencapai 17 siswa (73,91%) dan aktivitas siswa untuk menulis laporan mencapai 23 siswa (100%), 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai  60 mencapai 16 siswa (70%) pada siklus III. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8541/1/A420060037.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8541/2/A420060037.pdf Chasanah, Faidatun Nur (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060037
spellingShingle L Education (General)
Chasanah, Faidatun Nur
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA AL ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation gi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas xi ipa sma al islam 3 surakarta tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8541/
work_keys_str_mv AT chasanahfaidatunnur penerapanmodelpembelajarankooperatiftipegroupinvestigationgiuntukmeningkatkanaktivitasdanhasilbelajarbiologisiswakelasxiipasmaalislam3surakartatahunpelajaran20092010