APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan metode kerja kelompok dalam meningkatkan keaktifan siswa....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANGGARAINI , TITIEN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8529/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116497873764352
author ANGGARAINI , TITIEN
author_facet ANGGARAINI , TITIEN
author_sort ANGGARAINI , TITIEN
collection ePrints
description Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan metode kerja kelompok dalam meningkatkan keaktifan siswa. 2) untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan metode kerja kelompok dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi. Siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah Kelas X.7 SMA Muhamadiyah 1 Surakarta pada konsep keanekaragaman hayati. Yang berjumlah 44 siswa.Teknik pengumpulan data dan penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan menggunakan metode kerja kelompok untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep biologi dan dari data yang diperoleh dari nilai akhir pertemuan yaitu pada aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Pada aspek kognitif Sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata 5.02 setelah dilaksanakan tindakan rata-rata siklus I 6.03 sedang pada siklus II 7.01 aktivitas siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai II. Sedang pada aspek afektif Pada siklus I didapatkan rata-rata 29,7 (kurang aktif) dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 41,9 (aktif). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan menggunakan metode kerja kelompok efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Kepedulian siswa terhadap lingkungan, aspek kerja sama siswa dalam kelompok, dan dapat meningkatkan alternatif penggunaan lingkungan sebagai pembelajaran diluar kelas.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8529
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8529 https://eprints.ums.ac.id/8529/ APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI ANGGARAINI , TITIEN L Education (General) Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan metode kerja kelompok dalam meningkatkan keaktifan siswa. 2) untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan metode kerja kelompok dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi. Siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah Kelas X.7 SMA Muhamadiyah 1 Surakarta pada konsep keanekaragaman hayati. Yang berjumlah 44 siswa.Teknik pengumpulan data dan penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan menggunakan metode kerja kelompok untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep biologi dan dari data yang diperoleh dari nilai akhir pertemuan yaitu pada aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Pada aspek kognitif Sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata 5.02 setelah dilaksanakan tindakan rata-rata siklus I 6.03 sedang pada siklus II 7.01 aktivitas siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai II. Sedang pada aspek afektif Pada siklus I didapatkan rata-rata 29,7 (kurang aktif) dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 41,9 (aktif). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan menggunakan metode kerja kelompok efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Kepedulian siswa terhadap lingkungan, aspek kerja sama siswa dalam kelompok, dan dapat meningkatkan alternatif penggunaan lingkungan sebagai pembelajaran diluar kelas. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8529/1/A420060008.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8529/2/A420060008.pdf ANGGARAINI , TITIEN (2010) APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060008
spellingShingle L Education (General)
ANGGARAINI , TITIEN
APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI
title APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI
title_full APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI
title_fullStr APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI
title_full_unstemmed APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI
title_short APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI
title_sort aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan metode kerja kelompok untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep biologi
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8529/
work_keys_str_mv AT anggarainititien aplikasipembelajaranberbasispendekatanlingkungandenganmetodekerjakelompokuntukmeningkatkankeaktifandanpemahamankonsepbiologi