APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN LINGKUNGAN DENGAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan metode kerja kelompok dalam meningkatkan keaktifan siswa....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ANGGARAINI , TITIEN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8529/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan metode kerja kelompok dalam meningkatkan keaktifan siswa. 2) untuk mengetahui keberhasilan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan metode kerja kelompok dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi. Siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah Kelas X.7 SMA Muhamadiyah 1 Surakarta pada konsep keanekaragaman hayati. Yang berjumlah 44 siswa.Teknik pengumpulan data dan penelitian ini adalah dengan cara pengumpulan data yang diperoleh dari nilai awal yang dilakukan sebelum pelaksanaan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan menggunakan metode kerja kelompok untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman konsep biologi dan dari data yang diperoleh dari nilai akhir pertemuan yaitu pada aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Pada aspek kognitif Sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata 5.02 setelah dilaksanakan tindakan rata-rata siklus I 6.03 sedang pada siklus II 7.01 aktivitas siswa dalam aspek afektif meningkat dari siklus I sampai II. Sedang pada aspek afektif Pada siklus I didapatkan rata-rata 29,7 (kurang aktif) dan rata-rata siklus II meningkat menjadi 41,9 (aktif). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan lingkungan dengan menggunakan metode kerja kelompok efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Kepedulian siswa terhadap lingkungan, aspek kerja sama siswa dalam kelompok, dan dapat meningkatkan alternatif penggunaan lingkungan sebagai pembelajaran diluar kelas.