PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals. Penelitian ini merupakan penelitian ti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHMAT , RIVKY ARIF
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8525/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994634617716736
author RAHMAT , RIVKY ARIF
author_facet RAHMAT , RIVKY ARIF
author_sort RAHMAT , RIVKY ARIF
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian diawali dengan terlebih dahulu memberikan pertanyaan pada siswa dan mengakhiri dengan meminta siswa menuliskan pengalaman belajar, kendala saat belajar, dan pengalaman apa saja yang didapat setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase rata-rata hasil belajar nilai awal dibanding siklus I sebesar 6,8%, mengalami kenaikan prosentase rata-rata hasil belajar nilai awal dibanding siklus II sebesar 9,4% serta prosentase rata-rata hasil belajar siklus I dibanding siklus II sebesar 2,8%. Sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan strategi pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Ajaran 2009/2010.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8525
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8525 https://eprints.ums.ac.id/8525/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010 RAHMAT , RIVKY ARIF L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian diawali dengan terlebih dahulu memberikan pertanyaan pada siswa dan mengakhiri dengan meminta siswa menuliskan pengalaman belajar, kendala saat belajar, dan pengalaman apa saja yang didapat setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase rata-rata hasil belajar nilai awal dibanding siklus I sebesar 6,8%, mengalami kenaikan prosentase rata-rata hasil belajar nilai awal dibanding siklus II sebesar 9,4% serta prosentase rata-rata hasil belajar siklus I dibanding siklus II sebesar 2,8%. Sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan strategi pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Ajaran 2009/2010. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8525/1/A420060001.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8525/2/A420060001.pdf RAHMAT , RIVKY ARIF (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420060001
spellingShingle L Education (General)
RAHMAT , RIVKY ARIF
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort penerapan strategi pembelajaran what so what now what dan learning journals untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas x 3 sma muhammadiyah 2 surakarta pada pokok bahasan keanekaragaman hayati tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8525/
work_keys_str_mv AT rahmatrivkyarif penerapanstrategipembelajaranwhatsowhatnowwhatdanlearningjournalsuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasx3smamuhammadiyah2surakartapadapokokbahasankeanekaragamanhayatitahunajaran20092010