PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN WHAT? SO WHAT? NOW WHAT? DAN LEARNING JOURNALS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-3 SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA PADA POKOK BAHASAN KEANEKARAGAMAN HAYATI TAHUN AJARAN 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals. Penelitian ini merupakan penelitian ti...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8525/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian diawali dengan terlebih dahulu memberikan pertanyaan pada siswa dan mengakhiri dengan meminta siswa menuliskan pengalaman belajar, kendala saat belajar, dan pengalaman apa saja yang didapat setelah proses pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa prosentase rata-rata hasil belajar nilai awal dibanding siklus I sebesar 6,8%, mengalami kenaikan prosentase rata-rata hasil belajar nilai awal dibanding siklus II sebesar 9,4% serta prosentase rata-rata hasil belajar siklus I dibanding siklus II sebesar 2,8%. Sehingga dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa : “Penerapan strategi pembelajaran What? So What? Now What? dan Learning Journals dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Ajaran 2009/2010. |
---|