PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010

Siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Colomadu dalam proses pembelajarannya masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai saat pembelajaran berlangsung, siswa pasif dan menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun model yang digunakan guru kurang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SARININGRUM, OKTY
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8523/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994591240224768
author SARININGRUM, OKTY
author_facet SARININGRUM, OKTY
author_sort SARININGRUM, OKTY
collection ePrints
description Siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Colomadu dalam proses pembelajarannya masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai saat pembelajaran berlangsung, siswa pasif dan menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun model yang digunakan guru kurang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan penggunaan model make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Colomadu Tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 37 siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang digunakan dengan pengumpulan data menggunakan motode observasi dan metode tes, serta catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik kovariansi. Melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru biologi kepada siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa biologi. Hal ini berdasarkan refleksi dan evaluasi pada analisis data yang diperoleh, aspek afektif siswa pada Siklus I 29,6 (tidak berhasil), Siklus II 35,4 (cukup berhasil) dan Siklus III 42,7 (berhasil). Aspek kognitif, yaitu anava Fhit (4,33) lebih besar dari pada Ftab (0,05) (2,80) artinya ada perbedaan yang bermakna dari hasil belajar siswa keseluruhan siklus. t-tes (dua arah) dengan membandingkan nilai ttabel (0,05) (2,021) dan ttab (0,01) (2,704), antara sebelum tindakan dengan siklus I thit (2,96) lebih besar daripada ttab, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II thit (2,81) lebih besar daripada ttab, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus II dengan Siklus III thit (5,45) lebih besar daripada ttabel, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Korelasi, dengan membandingkan nilai rtab (0,05) (0,320) dan rtab (0,01) (0,413), antara sebelum tindakan dengan Siklus I rhit (0,994) lebih besar dari pada rtab, artinya adanya hubungan antara model make a match dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II rhit (0,969) lebih besar daripada rtab artinya hubungan antara model make a match dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. Antara Siklus II dengan Siklus III rhit (0,995) artinya adanya hubungan antara model make a match dengan meningkatnya hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8523
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8523 https://eprints.ums.ac.id/8523/ PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010 SARININGRUM, OKTY L Education (General) Siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Colomadu dalam proses pembelajarannya masih cenderung monoton dan masih berpusat pada guru, banyak siswa yang ramai saat pembelajaran berlangsung, siswa pasif dan menganggap biologi sebagai ilmu yang penuh dengan hafalan, metode maupun model yang digunakan guru kurang bervariasi. Berdasarkan hasil observasi tersebut maka peneliti dan guru biologi memilih pembelajaran dengan penggunaan model make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Colomadu Tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 37 siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang digunakan dengan pengumpulan data menggunakan motode observasi dan metode tes, serta catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik kovariansi. Melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru biologi kepada siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa biologi. Hal ini berdasarkan refleksi dan evaluasi pada analisis data yang diperoleh, aspek afektif siswa pada Siklus I 29,6 (tidak berhasil), Siklus II 35,4 (cukup berhasil) dan Siklus III 42,7 (berhasil). Aspek kognitif, yaitu anava Fhit (4,33) lebih besar dari pada Ftab (0,05) (2,80) artinya ada perbedaan yang bermakna dari hasil belajar siswa keseluruhan siklus. t-tes (dua arah) dengan membandingkan nilai ttabel (0,05) (2,021) dan ttab (0,01) (2,704), antara sebelum tindakan dengan siklus I thit (2,96) lebih besar daripada ttab, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II thit (2,81) lebih besar daripada ttab, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Antara Siklus II dengan Siklus III thit (5,45) lebih besar daripada ttabel, artinya adanya perbedaan hasil belajar siswa antar siklus dan sangat bermakna. Korelasi, dengan membandingkan nilai rtab (0,05) (0,320) dan rtab (0,01) (0,413), antara sebelum tindakan dengan Siklus I rhit (0,994) lebih besar dari pada rtab, artinya adanya hubungan antara model make a match dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. Antara Siklus I dengan Siklus II rhit (0,969) lebih besar daripada rtab artinya hubungan antara model make a match dengan hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. Antara Siklus II dengan Siklus III rhit (0,995) artinya adanya hubungan antara model make a match dengan meningkatnya hasil belajar biologi masing-masing individu, bersifat kuat dan sangat bermakna. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8523/1/A420050086.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8523/2/A420050086.pdf SARININGRUM, OKTY (2010) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A420050086
spellingShingle L Education (General)
SARININGRUM, OKTY
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010
title PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010
title_fullStr PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010
title_short PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 COLOMADU TAHUN AJARAN 2009/2010
title_sort peningkatan prestasi belajar biologi pokok bahasan struktur dan fungsi jaringan tumbuhan melalui model pembelajaran make a match pada siswa kelas viii semester ii smp negeri 3 colomadu tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8523/
work_keys_str_mv AT sariningrumokty peningkatanprestasibelajarbiologipokokbahasanstrukturdanfungsijaringantumbuhanmelaluimodelpembelajaranmakeamatchpadasiswakelasviiisemesteriismpnegeri3colomadutahunajaran20092010