PEMAKAIAN MAJAS HIPERBOLA DALAM IKLAN MAJALAH ANEKA YESS Edisi Januari - Maret 2010

Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan : 1) Bentuk majas hiperbola pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010, 2)Diksi pembentuk majas pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010, 3) Pola kalimat pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010. Penelitian ini meng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hastutik, Ema Tri
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8513/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116497608474624
author Hastutik, Ema Tri
author_facet Hastutik, Ema Tri
author_sort Hastutik, Ema Tri
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan : 1) Bentuk majas hiperbola pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010, 2)Diksi pembentuk majas pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010, 3) Pola kalimat pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat, sumber data dalam penelitian ini diambil dari majalah Aneka yess. Penyediaan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik perluas yaitu menganalisis data dengan cara pelesapan satu kebahasaan yang dianalisis dengan menggunakan satu kebahasaan tertentu dalam majalah aneka yess. Teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik dasar pilah unsur penentu dan teknik lanjutan referensial. Dalam menganalisis data menggunakan metode padan dan metode agih. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : a) Majas hiperbola pada iklan di Majalah Aneka Yess mayoritas merupakan majas yang berbentuk perbandingan sesuatu dengan mengganti peristiwa atau tindakan sesungguhnya dengan kata-kata yang lebih hebat penggertianya untuk lebih memperkuat makna. b) Diksi pembentuk majas yang digunakan dalam iklan adalah pemilihan kata umum dan khusus yang bertujuan agar selaras dan tepat untuk mengungkapkan gagasan sehingga menimbulkan efek tertentu yang diinginkan. c) Pola kalimat yang membentuk teks iklan adalah adalah pola sederhana SPO.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8513
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8513 https://eprints.ums.ac.id/8513/ PEMAKAIAN MAJAS HIPERBOLA DALAM IKLAN MAJALAH ANEKA YESS Edisi Januari - Maret 2010 Hastutik, Ema Tri L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan : 1) Bentuk majas hiperbola pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010, 2)Diksi pembentuk majas pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010, 3) Pola kalimat pada iklan majalah Aneka Yess edisi Januari-Maret 2010. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat, sumber data dalam penelitian ini diambil dari majalah Aneka yess. Penyediaan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik perluas yaitu menganalisis data dengan cara pelesapan satu kebahasaan yang dianalisis dengan menggunakan satu kebahasaan tertentu dalam majalah aneka yess. Teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik dasar pilah unsur penentu dan teknik lanjutan referensial. Dalam menganalisis data menggunakan metode padan dan metode agih. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : a) Majas hiperbola pada iklan di Majalah Aneka Yess mayoritas merupakan majas yang berbentuk perbandingan sesuatu dengan mengganti peristiwa atau tindakan sesungguhnya dengan kata-kata yang lebih hebat penggertianya untuk lebih memperkuat makna. b) Diksi pembentuk majas yang digunakan dalam iklan adalah pemilihan kata umum dan khusus yang bertujuan agar selaras dan tepat untuk mengungkapkan gagasan sehingga menimbulkan efek tertentu yang diinginkan. c) Pola kalimat yang membentuk teks iklan adalah adalah pola sederhana SPO. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8513/1/A310060302.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8513/2/A310600302.pdf Hastutik, Ema Tri (2010) PEMAKAIAN MAJAS HIPERBOLA DALAM IKLAN MAJALAH ANEKA YESS Edisi Januari - Maret 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060302
spellingShingle L Education (General)
Hastutik, Ema Tri
PEMAKAIAN MAJAS HIPERBOLA DALAM IKLAN MAJALAH ANEKA YESS Edisi Januari - Maret 2010
title PEMAKAIAN MAJAS HIPERBOLA DALAM IKLAN MAJALAH ANEKA YESS Edisi Januari - Maret 2010
title_full PEMAKAIAN MAJAS HIPERBOLA DALAM IKLAN MAJALAH ANEKA YESS Edisi Januari - Maret 2010
title_fullStr PEMAKAIAN MAJAS HIPERBOLA DALAM IKLAN MAJALAH ANEKA YESS Edisi Januari - Maret 2010
title_full_unstemmed PEMAKAIAN MAJAS HIPERBOLA DALAM IKLAN MAJALAH ANEKA YESS Edisi Januari - Maret 2010
title_short PEMAKAIAN MAJAS HIPERBOLA DALAM IKLAN MAJALAH ANEKA YESS Edisi Januari - Maret 2010
title_sort pemakaian majas hiperbola dalam iklan majalah aneka yess edisi januari maret 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8513/
work_keys_str_mv AT hastutikematri pemakaianmajashiperboladalamiklanmajalahanekayessedisijanuarimaret2010