PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA PADA SISWA KELAS VIII C MTs MUHAMMADIYAH WARU, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskrepsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan berbicara, yang meliputi: keaktifan siswa, minat dan motivasi siswa, dan perhatian dan konsentrasi siswa; dan (2) mendeskrepsikan peningkatan hasil pembelajaran keterampilan berbicara dengan m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ULFA , MARLINA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8498/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116529882595328
author ULFA , MARLINA
author_facet ULFA , MARLINA
author_sort ULFA , MARLINA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskrepsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan berbicara, yang meliputi: keaktifan siswa, minat dan motivasi siswa, dan perhatian dan konsentrasi siswa; dan (2) mendeskrepsikan peningkatan hasil pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media komik tanpa kata pada siswa kelas VIII C MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo yang meliputi: pemahaman, kosakata, struktur kalimat, kelancaran, dan tekanan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII C MTs Muhammadiyah Waru, Baki, Sukoharjo. Data diperoleh melalui observasi dan interview (wawancara). Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yaitu teknik analisis yang terdiri dari tiga komponen kegiatan yang saling terkait, yaitu: reduksi data, paparan (display) data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan media komik tanpa kata mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dari evaluasi terhadap profil kelas dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah penelitian. Kualitas proses pembelajaran meningkat, yang meliputi: (1) keaktifan siswa, siklus awal 63%, siklus I 77%, dan siklus II 92%; (2) minat dan motivasi siswa, siklus awal 46%, siklus I 68%, dan pada siklus II 77%; (3) perhatian dan konsentrasi siswa, siklus awal 54%, siklus I 71%, dan siklus II 86%. Hasil pembelajaran keterampilan berbicara siwa pada siklus awal 64,5; siklus I 68,6; dan pada siklus II 72,9.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8498
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8498 https://eprints.ums.ac.id/8498/ PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA PADA SISWA KELAS VIII C MTs MUHAMMADIYAH WARU, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO ULFA , MARLINA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskrepsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan berbicara, yang meliputi: keaktifan siswa, minat dan motivasi siswa, dan perhatian dan konsentrasi siswa; dan (2) mendeskrepsikan peningkatan hasil pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media komik tanpa kata pada siswa kelas VIII C MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo yang meliputi: pemahaman, kosakata, struktur kalimat, kelancaran, dan tekanan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII C MTs Muhammadiyah Waru, Baki, Sukoharjo. Data diperoleh melalui observasi dan interview (wawancara). Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yaitu teknik analisis yang terdiri dari tiga komponen kegiatan yang saling terkait, yaitu: reduksi data, paparan (display) data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan media komik tanpa kata mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dari evaluasi terhadap profil kelas dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah penelitian. Kualitas proses pembelajaran meningkat, yang meliputi: (1) keaktifan siswa, siklus awal 63%, siklus I 77%, dan siklus II 92%; (2) minat dan motivasi siswa, siklus awal 46%, siklus I 68%, dan pada siklus II 77%; (3) perhatian dan konsentrasi siswa, siklus awal 54%, siklus I 71%, dan siklus II 86%. Hasil pembelajaran keterampilan berbicara siwa pada siklus awal 64,5; siklus I 68,6; dan pada siklus II 72,9. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8498/1/A310060252.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8498/2/A310060252.pdf ULFA , MARLINA (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA PADA SISWA KELAS VIII C MTs MUHAMMADIYAH WARU, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060252
spellingShingle L Education (General)
ULFA , MARLINA
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA PADA SISWA KELAS VIII C MTs MUHAMMADIYAH WARU, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO
title PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA PADA SISWA KELAS VIII C MTs MUHAMMADIYAH WARU, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO
title_full PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA PADA SISWA KELAS VIII C MTs MUHAMMADIYAH WARU, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO
title_fullStr PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA PADA SISWA KELAS VIII C MTs MUHAMMADIYAH WARU, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO
title_full_unstemmed PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA PADA SISWA KELAS VIII C MTs MUHAMMADIYAH WARU, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO
title_short PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA PADA SISWA KELAS VIII C MTs MUHAMMADIYAH WARU, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO
title_sort peningkatan keterampilan berbicara dengan media komik tanpa kata pada siswa kelas viii c mts muhammadiyah waru baki kabupaten sukoharjo
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8498/
work_keys_str_mv AT ulfamarlina peningkatanketerampilanberbicaradenganmediakomiktanpakatapadasiswakelasviiicmtsmuhammadiyahwarubakikabupatensukoharjo