PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MEDIA KOMIK TANPA KATA PADA SISWA KELAS VIII C MTs MUHAMMADIYAH WARU, BAKI, KABUPATEN SUKOHARJO

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskrepsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan berbicara, yang meliputi: keaktifan siswa, minat dan motivasi siswa, dan perhatian dan konsentrasi siswa; dan (2) mendeskrepsikan peningkatan hasil pembelajaran keterampilan berbicara dengan m...

Повний опис

Збережено в:
Бібліографічні деталі
Автор: ULFA , MARLINA
Формат: Дисертація
Мова:English
English
Опубліковано: 2010
Предмети:
Онлайн доступ:https://eprints.ums.ac.id/8498/
Теги: Додати тег
Немає тегів, Будьте першим, хто поставить тег для цього запису!
Опис
Резюме:Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskrepsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran keterampilan berbicara, yang meliputi: keaktifan siswa, minat dan motivasi siswa, dan perhatian dan konsentrasi siswa; dan (2) mendeskrepsikan peningkatan hasil pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan media komik tanpa kata pada siswa kelas VIII C MTs Muhammadiyah Waru Baki Sukoharjo yang meliputi: pemahaman, kosakata, struktur kalimat, kelancaran, dan tekanan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII C MTs Muhammadiyah Waru, Baki, Sukoharjo. Data diperoleh melalui observasi dan interview (wawancara). Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yaitu teknik analisis yang terdiri dari tiga komponen kegiatan yang saling terkait, yaitu: reduksi data, paparan (display) data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan media komik tanpa kata mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dari evaluasi terhadap profil kelas dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah penelitian. Kualitas proses pembelajaran meningkat, yang meliputi: (1) keaktifan siswa, siklus awal 63%, siklus I 77%, dan siklus II 92%; (2) minat dan motivasi siswa, siklus awal 46%, siklus I 68%, dan pada siklus II 77%; (3) perhatian dan konsentrasi siswa, siklus awal 54%, siklus I 71%, dan siklus II 86%. Hasil pembelajaran keterampilan berbicara siwa pada siklus awal 64,5; siklus I 68,6; dan pada siklus II 72,9.