NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL BAIT-BAIT SUCI GUNUNG RINJANI KARYA KHAIRUL “UJANG” SIDDIQ: ANALISIS SEMIOTIK DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur yang membangun novel Bait-Bait Suci Gunung Rinjani karya Khairul “Ujang” Shiddiq, (2) Memaparkan nilai edukatif yang terkandung dalam novel tersebut (3) Mendeskripsikan relevansi nilai edukatif pada novel tersebut sebagai materi pembelajaran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUPRAPTO, IRMA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8494/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994633444360192
author SUPRAPTO, IRMA
author_facet SUPRAPTO, IRMA
author_sort SUPRAPTO, IRMA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur yang membangun novel Bait-Bait Suci Gunung Rinjani karya Khairul “Ujang” Shiddiq, (2) Memaparkan nilai edukatif yang terkandung dalam novel tersebut (3) Mendeskripsikan relevansi nilai edukatif pada novel tersebut sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik. Data dalam penelitian ini adalah kata, frase, klausa, kalimat, wacana, yang terdapat dalam novel ini. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bait-Bait Suci Gunung Rinjani karya Khairul “Ujang” Shiddiq yang diterbitkan oleh penerbit Dian Rakyat 2009. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis yang digunakan adalah metode pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural dapat disimpulkan novel ini menunjukkan hubungan fungsional antarunsur dan relevansi dengan tujuan penelitian. Unsur yang ada dalam novel tersebut menunjukkan keterpaduan dalam membangun totalitas makna. Tema perjuangan seorang pemuda dalam menyaksikan keagungan Sang Pencipta yang selalu berpegang teguh pada agama, berkaitan erat dengan tokoh utama yaitu Fajar. Dia adalah seorang pemuda yang taat pada agama.Alur yang digunakan yaitu alur maju (progresif). Cerita dimulai saat Fajar masih di pesantren dan Fajar mulai melakukan pendakian sampai menuju puncak Rinjani. Petualangan tersebut dilakukan karena Fajar ingin menyaksikan keindahan pesona alam keagungan Sang Pencipta. Alur dan penokohan didukung dengan latar tempat alam pedesaan, pegunungan Rinjani, dan pesantren. Berdasarkan analisis semiotik novel Bait-Bait Suci Gunung Rinjani karya Khairul “Ujang” Shiddiq sarat dengan muatan nilai edukatif. Nilai-nilai edukatif tersebut adalah (1) Menyakini adanya tuhan Tuhan Yang Maha Esa, (2) cinta dan kasih sayang, (3) tanggung jawab, (4) toleransi, (5) sabar dalam menahan diri dari amarah. Adapun relevansi nilai edukatif dalam novel ini sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di SMA yaitu, (1) novel ini sarat dengan muatan nilai edukatif sehingga relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam kurikulum KTSP jenjang SMA; (2) nilai edukatif yang terdapat di dalamnya, relevan dengan tujuan pendidikan nasional, (3) nilai edukatif dalam novel tersebut dapat berperan dalam pembentukan kepribadian dalam diri peserta didik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8494
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8494 https://eprints.ums.ac.id/8494/ NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL BAIT-BAIT SUCI GUNUNG RINJANI KARYA KHAIRUL “UJANG” SIDDIQ: ANALISIS SEMIOTIK DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA SUPRAPTO, IRMA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur yang membangun novel Bait-Bait Suci Gunung Rinjani karya Khairul “Ujang” Shiddiq, (2) Memaparkan nilai edukatif yang terkandung dalam novel tersebut (3) Mendeskripsikan relevansi nilai edukatif pada novel tersebut sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan semiotik. Data dalam penelitian ini adalah kata, frase, klausa, kalimat, wacana, yang terdapat dalam novel ini. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bait-Bait Suci Gunung Rinjani karya Khairul “Ujang” Shiddiq yang diterbitkan oleh penerbit Dian Rakyat 2009. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis yang digunakan adalah metode pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan analisis struktural dapat disimpulkan novel ini menunjukkan hubungan fungsional antarunsur dan relevansi dengan tujuan penelitian. Unsur yang ada dalam novel tersebut menunjukkan keterpaduan dalam membangun totalitas makna. Tema perjuangan seorang pemuda dalam menyaksikan keagungan Sang Pencipta yang selalu berpegang teguh pada agama, berkaitan erat dengan tokoh utama yaitu Fajar. Dia adalah seorang pemuda yang taat pada agama.Alur yang digunakan yaitu alur maju (progresif). Cerita dimulai saat Fajar masih di pesantren dan Fajar mulai melakukan pendakian sampai menuju puncak Rinjani. Petualangan tersebut dilakukan karena Fajar ingin menyaksikan keindahan pesona alam keagungan Sang Pencipta. Alur dan penokohan didukung dengan latar tempat alam pedesaan, pegunungan Rinjani, dan pesantren. Berdasarkan analisis semiotik novel Bait-Bait Suci Gunung Rinjani karya Khairul “Ujang” Shiddiq sarat dengan muatan nilai edukatif. Nilai-nilai edukatif tersebut adalah (1) Menyakini adanya tuhan Tuhan Yang Maha Esa, (2) cinta dan kasih sayang, (3) tanggung jawab, (4) toleransi, (5) sabar dalam menahan diri dari amarah. Adapun relevansi nilai edukatif dalam novel ini sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di SMA yaitu, (1) novel ini sarat dengan muatan nilai edukatif sehingga relevan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam kurikulum KTSP jenjang SMA; (2) nilai edukatif yang terdapat di dalamnya, relevan dengan tujuan pendidikan nasional, (3) nilai edukatif dalam novel tersebut dapat berperan dalam pembentukan kepribadian dalam diri peserta didik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8494/1/A310060244.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8494/2/A310060244.pdf SUPRAPTO, IRMA (2010) NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL BAIT-BAIT SUCI GUNUNG RINJANI KARYA KHAIRUL “UJANG” SIDDIQ: ANALISIS SEMIOTIK DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060244
spellingShingle L Education (General)
SUPRAPTO, IRMA
NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL BAIT-BAIT SUCI GUNUNG RINJANI KARYA KHAIRUL “UJANG” SIDDIQ: ANALISIS SEMIOTIK DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA
title NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL BAIT-BAIT SUCI GUNUNG RINJANI KARYA KHAIRUL “UJANG” SIDDIQ: ANALISIS SEMIOTIK DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA
title_full NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL BAIT-BAIT SUCI GUNUNG RINJANI KARYA KHAIRUL “UJANG” SIDDIQ: ANALISIS SEMIOTIK DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA
title_fullStr NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL BAIT-BAIT SUCI GUNUNG RINJANI KARYA KHAIRUL “UJANG” SIDDIQ: ANALISIS SEMIOTIK DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA
title_full_unstemmed NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL BAIT-BAIT SUCI GUNUNG RINJANI KARYA KHAIRUL “UJANG” SIDDIQ: ANALISIS SEMIOTIK DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA
title_short NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL BAIT-BAIT SUCI GUNUNG RINJANI KARYA KHAIRUL “UJANG” SIDDIQ: ANALISIS SEMIOTIK DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA
title_sort nilai edukatif dalam novel bait bait suci gunung rinjani karya khairul ujang siddiq analisis semiotik dan relevansinya sebagai materi pembelajaran sastra indonesia di sma
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8494/
work_keys_str_mv AT supraptoirma nilaiedukatifdalamnovelbaitbaitsucigunungrinjanikaryakhairulujangsiddiqanalisissemiotikdanrelevansinyasebagaimateripembelajaransastraindonesiadisma