PENINGKATAN MINAT BERTANYA DENGAN TEKNIK BERMAIN ULAR TANGGA SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN MOJOGEDANG

Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia masih banyak menghadapi hambatan, Hambatan ini membuat proses belajar bahasa siswa menjadi terganggu. Gangguan ini disebabkan kurangnya minat bertanya pada diri siswa yang dipengaruhi keragu-raguan mengeluarkan ide, ketakutan akan kesalahan, miskin kosa kata,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sakiman, Sakiman
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8475/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994590374100992
author Sakiman, Sakiman
author_facet Sakiman, Sakiman
author_sort Sakiman, Sakiman
collection ePrints
description Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia masih banyak menghadapi hambatan, Hambatan ini membuat proses belajar bahasa siswa menjadi terganggu. Gangguan ini disebabkan kurangnya minat bertanya pada diri siswa yang dipengaruhi keragu-raguan mengeluarkan ide, ketakutan akan kesalahan, miskin kosa kata, dan takut ditertawakan oleh teman. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendapatkan informasi apakah dengan pembiasaan membuat pertanyaan mampu meningkatkan minat bertanya siswa, dan mengubah sikap,serta partisipasi siswa mengikuti pembelajaran keterampilan berbicara. Melalui penelitian tindakan kelas berupaya mengujicobakan ide-ide atau gagasan ke dalam praktik untuk memperbaiki atau mengubah sesuatu agar memperoleh dampak nyata dari situasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menekankan pada kegiatan (tindakan) dengan mengujicobakan suatu ide ke dalam praktik atau situasi nyata dalam skala yang mikro (kelas). Yang diharapkan kegiatan tersebut mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Tahapan PTK bersifat reflektif tindakan dengan pola Proses Pengkajian Berdaur (siklus). Langkah ini berulang-ulang yang terdiri dari Perencanaan, pelaksanaan, observasi/ pemantauan, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah:(1) Adanya peningkatan minat bertanya siswa dalam setiap pembelajaran, dari yang tidak mau bertanya menjadi mau bertanya, yang sering bertanya menjadi meningkat frekuensinya, dan kualitas pertanyaannya. (2) Penerapan teknik bermain ular tangga dan kemampuan menyusun kalimat tanya dapat mengubah sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran, karena didorong oleh perasaan yang bebas dari tekanan keragu-raguan dan rasa takut salah. Selain itu mereka juga senang dalam mengikuti pembelajaran karena dibimbing oleh teman sendiri dan bebas mengeluarkan idea atau gagasan dan tidak terlalu formal. Dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berbicara “menyusun kalimat tanya”. Serta dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara.(3) Adapun partisipasi siswa adalah meningkatkan kompetensi siswa dalam berbicara mengungkapakan ide/gagasan “bertanya”, membantu siswa lain dalam kelompok, mengatasi kesulitan dalam mengungkapkan ide secara spontan, menyusun kalimat tanya baku dan efektif, memilih tanda baca yang tepat khususnya tanda baca “tanya” memilih kata serapan yang tepat aktif dalam mengikuti pembelajaran.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8475
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8475 https://eprints.ums.ac.id/8475/ PENINGKATAN MINAT BERTANYA DENGAN TEKNIK BERMAIN ULAR TANGGA SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN MOJOGEDANG Sakiman, Sakiman LB Theory and practice of education Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia masih banyak menghadapi hambatan, Hambatan ini membuat proses belajar bahasa siswa menjadi terganggu. Gangguan ini disebabkan kurangnya minat bertanya pada diri siswa yang dipengaruhi keragu-raguan mengeluarkan ide, ketakutan akan kesalahan, miskin kosa kata, dan takut ditertawakan oleh teman. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendapatkan informasi apakah dengan pembiasaan membuat pertanyaan mampu meningkatkan minat bertanya siswa, dan mengubah sikap,serta partisipasi siswa mengikuti pembelajaran keterampilan berbicara. Melalui penelitian tindakan kelas berupaya mengujicobakan ide-ide atau gagasan ke dalam praktik untuk memperbaiki atau mengubah sesuatu agar memperoleh dampak nyata dari situasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menekankan pada kegiatan (tindakan) dengan mengujicobakan suatu ide ke dalam praktik atau situasi nyata dalam skala yang mikro (kelas). Yang diharapkan kegiatan tersebut mampu memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Tahapan PTK bersifat reflektif tindakan dengan pola Proses Pengkajian Berdaur (siklus). Langkah ini berulang-ulang yang terdiri dari Perencanaan, pelaksanaan, observasi/ pemantauan, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah:(1) Adanya peningkatan minat bertanya siswa dalam setiap pembelajaran, dari yang tidak mau bertanya menjadi mau bertanya, yang sering bertanya menjadi meningkat frekuensinya, dan kualitas pertanyaannya. (2) Penerapan teknik bermain ular tangga dan kemampuan menyusun kalimat tanya dapat mengubah sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran, karena didorong oleh perasaan yang bebas dari tekanan keragu-raguan dan rasa takut salah. Selain itu mereka juga senang dalam mengikuti pembelajaran karena dibimbing oleh teman sendiri dan bebas mengeluarkan idea atau gagasan dan tidak terlalu formal. Dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berbicara “menyusun kalimat tanya”. Serta dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara.(3) Adapun partisipasi siswa adalah meningkatkan kompetensi siswa dalam berbicara mengungkapakan ide/gagasan “bertanya”, membantu siswa lain dalam kelompok, mengatasi kesulitan dalam mengungkapkan ide secara spontan, menyusun kalimat tanya baku dan efektif, memilih tanda baca yang tepat khususnya tanda baca “tanya” memilih kata serapan yang tepat aktif dalam mengikuti pembelajaran. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8475/1/S200070063.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8475/2/S200070063.pdf Sakiman, Sakiman (2010) PENINGKATAN MINAT BERTANYA DENGAN TEKNIK BERMAIN ULAR TANGGA SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN MOJOGEDANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. S20000063
spellingShingle LB Theory and practice of education
Sakiman, Sakiman
PENINGKATAN MINAT BERTANYA DENGAN TEKNIK BERMAIN ULAR TANGGA SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN MOJOGEDANG
title PENINGKATAN MINAT BERTANYA DENGAN TEKNIK BERMAIN ULAR TANGGA SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN MOJOGEDANG
title_full PENINGKATAN MINAT BERTANYA DENGAN TEKNIK BERMAIN ULAR TANGGA SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN MOJOGEDANG
title_fullStr PENINGKATAN MINAT BERTANYA DENGAN TEKNIK BERMAIN ULAR TANGGA SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN MOJOGEDANG
title_full_unstemmed PENINGKATAN MINAT BERTANYA DENGAN TEKNIK BERMAIN ULAR TANGGA SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN MOJOGEDANG
title_short PENINGKATAN MINAT BERTANYA DENGAN TEKNIK BERMAIN ULAR TANGGA SISWA KELAS XI IPA-2 SMAN MOJOGEDANG
title_sort peningkatan minat bertanya dengan teknik bermain ular tangga siswa kelas xi ipa 2 sman mojogedang
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/8475/
work_keys_str_mv AT sakimansakiman peningkatanminatbertanyadenganteknikbermainulartanggasiswakelasxiipa2smanmojogedang