IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI

Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan bentuk tuturan yang mengandung implikatur percakapan pada iklan produk kosmetik di televisi, (2) mendeskripsikan implikatur percakapan yang terjadi pada iklan produk kosmetik di televisi, (3) menemukan daya pragmatik pada implikatur percakapan iklan produk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHMAWATI , DYAH ANISA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8460/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994631094501376
author RAHMAWATI , DYAH ANISA
author_facet RAHMAWATI , DYAH ANISA
author_sort RAHMAWATI , DYAH ANISA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan bentuk tuturan yang mengandung implikatur percakapan pada iklan produk kosmetik di televisi, (2) mendeskripsikan implikatur percakapan yang terjadi pada iklan produk kosmetik di televisi, (3) menemukan daya pragmatik pada implikatur percakapan iklan produk kosmetik di televisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini adalah teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, catat, dan teknik rekam. Data penelitian mencakup semua percakapan yang terjadi pada iklan produk kosmetik di televisi yang mengandung implikatur percakapan dan daya pragmatik. Teknik analisis data menggunakan metode padan intralingual untuk menganalisis implikatur dan daya pragmatik pada iklan produk kosmetik di televisi dan metode padan ekstralingual untuk menganalisis maksud atau tujuan yang terkandung dalam implikatur dan daya pragmatik pada iklan produk kosmetik di televisi . Penyajian hasil data disajikan dengan metode informal. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan beberapa hal: (1) ditemukan dua bentuk implikatur percakapan, yang pertama implikatur percakapan bentuk direktif ada enam dan yang kedua adalah implikatur percakapan deklaratif menginformasikan atau memberitahukan ada enam data. (2) Implikatur percakapan yang terjadi ada dua jenis yakni menurut tekniknya, yakni teknik tersurat ada 11 data, dan teknik tersirat ada 1 data, dan berdasarkan strateginya, strategi langsung ada 6 data, dan strategi taklangsung ada 6 data. (3) Daya pragmatik pada implikatur percakapan iklan produk kosmetik semuanya mengarah pada pengaruh menggoda pembeli/konsumen untuk membeli serta menggunakan produk kosmetik yang ditawarkan pengiklan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8460
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8460 https://eprints.ums.ac.id/8460/ IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI RAHMAWATI , DYAH ANISA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah (1) menemukan bentuk tuturan yang mengandung implikatur percakapan pada iklan produk kosmetik di televisi, (2) mendeskripsikan implikatur percakapan yang terjadi pada iklan produk kosmetik di televisi, (3) menemukan daya pragmatik pada implikatur percakapan iklan produk kosmetik di televisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Teknik penyediaan data dalam penelitian ini adalah teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, catat, dan teknik rekam. Data penelitian mencakup semua percakapan yang terjadi pada iklan produk kosmetik di televisi yang mengandung implikatur percakapan dan daya pragmatik. Teknik analisis data menggunakan metode padan intralingual untuk menganalisis implikatur dan daya pragmatik pada iklan produk kosmetik di televisi dan metode padan ekstralingual untuk menganalisis maksud atau tujuan yang terkandung dalam implikatur dan daya pragmatik pada iklan produk kosmetik di televisi . Penyajian hasil data disajikan dengan metode informal. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan beberapa hal: (1) ditemukan dua bentuk implikatur percakapan, yang pertama implikatur percakapan bentuk direktif ada enam dan yang kedua adalah implikatur percakapan deklaratif menginformasikan atau memberitahukan ada enam data. (2) Implikatur percakapan yang terjadi ada dua jenis yakni menurut tekniknya, yakni teknik tersurat ada 11 data, dan teknik tersirat ada 1 data, dan berdasarkan strateginya, strategi langsung ada 6 data, dan strategi taklangsung ada 6 data. (3) Daya pragmatik pada implikatur percakapan iklan produk kosmetik semuanya mengarah pada pengaruh menggoda pembeli/konsumen untuk membeli serta menggunakan produk kosmetik yang ditawarkan pengiklan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8460/1/A310060136.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8460/2/A310060136.pdf RAHMAWATI , DYAH ANISA (2010) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060136
spellingShingle L Education (General)
RAHMAWATI , DYAH ANISA
IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI
title IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI
title_full IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI
title_fullStr IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI
title_full_unstemmed IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI
title_short IMPLIKATUR PERCAKAPAN DAN DAYA PRAGMATIK PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK DI TELEVISI
title_sort implikatur percakapan dan daya pragmatik pada iklan produk kosmetik di televisi
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8460/
work_keys_str_mv AT rahmawatidyahanisa implikaturpercakapandandayapragmatikpadaiklanprodukkosmetikditelevisi