PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DBE (Decentralized Basic Education) PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP N 3 COLOMADU TAHUN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode DBE (Decentralized Basic Education). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru kelas VIII E SMP N 3 Colomadu sebagai subyek pemberi tindakan, si...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: WAHYUNINGSIH, TRI
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/8414/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode DBE (Decentralized Basic Education). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru kelas VIII E SMP N 3 Colomadu sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VIII E SMP N 3 Colomadu yang berjumlah 42 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dapat dilihat dari indikator 1) Siswa bertanya apa yang belum diketahui sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 38,09% meningkat menjadi 71,43%, 2) Siswa menjawab pertanyaan guru, mampu mengemukakan ide atau pendapat dengan jelas sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 23,81% meningkat menjadi 54,76%, 3) Siswa memilih cara yang tepat dalam memecahkan masalah di depan kelas sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 19,02 % meningkat menjadi 50 %. Dengan demikian penggunaan metode DBE (Decentralized Basic Education) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika.