PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE DBE (Decentralized Basic Education) PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP N 3 COLOMADU TAHUN 2009/2010

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode DBE (Decentralized Basic Education). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru kelas VIII E SMP N 3 Colomadu sebagai subyek pemberi tindakan, si...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: WAHYUNINGSIH, TRI
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/8414/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode DBE (Decentralized Basic Education). Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru kelas VIII E SMP N 3 Colomadu sebagai subyek pemberi tindakan, siswa kelas VIII E SMP N 3 Colomadu yang berjumlah 42 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika dapat dilihat dari indikator 1) Siswa bertanya apa yang belum diketahui sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 38,09% meningkat menjadi 71,43%, 2) Siswa menjawab pertanyaan guru, mampu mengemukakan ide atau pendapat dengan jelas sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 23,81% meningkat menjadi 54,76%, 3) Siswa memilih cara yang tepat dalam memecahkan masalah di depan kelas sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 19,02 % meningkat menjadi 50 %. Dengan demikian penggunaan metode DBE (Decentralized Basic Education) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika.