PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING DENGAN SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII-E DI SMP NEGERI 1 SAWIT TAHUN AJARAN 2009 / 2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Scaffolding dengan Simulation Game. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHMAWATI , DIAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8411/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994628605181952
author RAHMAWATI , DIAN
author_facet RAHMAWATI , DIAN
author_sort RAHMAWATI , DIAN
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Scaffolding dengan Simulation Game. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E SMP N 1 Sawit, yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan bernalar. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan kemampuan bernalar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan bernalar yang meliputi: 1) kemampuan mengkonstruksi soal kedalam model matematika sesuai dengan langkah – langkah penyelesaian sebelum tindakan 19,4 %, putaran I 36,1 %, putaran II 58,3 % dan di akhir tindakan 72,2 %, 2) ketepatan dalam menggunakan rumus sebelum tindakan 16,6 %, putaran I 30,5 %, putaran II 47,2 % dan di akhir tindakan 63,4 %, 3) kemampuan dalam proses perhitungan sebelum tindakan 38,8 %, putaran I 52,7 %, putaran II 63,4 % dan di akhir tindakan 80,5 %, 4) kemampuan memeriksa kembali pekerjaannya sebelum tindakan 44,4 %, putaran I 55,5 %, putaran II 72,2 % dan di akhir tindakan 91,6 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Scaffolding dengan Simulation Game dapat meningkatkan kemampuan bernalar siswa
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8411
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8411 https://eprints.ums.ac.id/8411/ PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING DENGAN SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII-E DI SMP NEGERI 1 SAWIT TAHUN AJARAN 2009 / 2010 RAHMAWATI , DIAN L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bernalar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi Scaffolding dengan Simulation Game. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII E SMP N 1 Sawit, yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan bernalar. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan kemampuan bernalar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan bernalar yang meliputi: 1) kemampuan mengkonstruksi soal kedalam model matematika sesuai dengan langkah – langkah penyelesaian sebelum tindakan 19,4 %, putaran I 36,1 %, putaran II 58,3 % dan di akhir tindakan 72,2 %, 2) ketepatan dalam menggunakan rumus sebelum tindakan 16,6 %, putaran I 30,5 %, putaran II 47,2 % dan di akhir tindakan 63,4 %, 3) kemampuan dalam proses perhitungan sebelum tindakan 38,8 %, putaran I 52,7 %, putaran II 63,4 % dan di akhir tindakan 80,5 %, 4) kemampuan memeriksa kembali pekerjaannya sebelum tindakan 44,4 %, putaran I 55,5 %, putaran II 72,2 % dan di akhir tindakan 91,6 %. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Scaffolding dengan Simulation Game dapat meningkatkan kemampuan bernalar siswa 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8411/1/A410060272.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8411/2/A410060272.pdf RAHMAWATI , DIAN (2010) PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING DENGAN SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII-E DI SMP NEGERI 1 SAWIT TAHUN AJARAN 2009 / 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060272
spellingShingle L Education (General)
RAHMAWATI , DIAN
PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING DENGAN SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII-E DI SMP NEGERI 1 SAWIT TAHUN AJARAN 2009 / 2010
title PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING DENGAN SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII-E DI SMP NEGERI 1 SAWIT TAHUN AJARAN 2009 / 2010
title_full PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING DENGAN SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII-E DI SMP NEGERI 1 SAWIT TAHUN AJARAN 2009 / 2010
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING DENGAN SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII-E DI SMP NEGERI 1 SAWIT TAHUN AJARAN 2009 / 2010
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING DENGAN SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII-E DI SMP NEGERI 1 SAWIT TAHUN AJARAN 2009 / 2010
title_short PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING DENGAN SIMULATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR PADA POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI SISWA KELAS VII-E DI SMP NEGERI 1 SAWIT TAHUN AJARAN 2009 / 2010
title_sort penerapan strategi scaffolding dengan simulation game untuk meningkatkan kemampuan bernalar pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi siswa kelas vii e di smp negeri 1 sawit tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8411/
work_keys_str_mv AT rahmawatidian penerapanstrategiscaffoldingdengansimulationgameuntukmeningkatkankemampuanbernalarpadapokokbahasanpersegipanjangdanpersegisiswakelasviiedismpnegeri1sawittahunajaran20092010