PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA (PTK PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMP NEGERI 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2009/2010)

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Kartasura Tahun ajaran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MIRANTI, SUCI AMIN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8409/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar matematika siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 3 Kartasura Tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode alur. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari: 1) kreativitas siswa mengemukakan ide untuk memecahkan masalah sebelum tindakan sebesar 8,82 % setelah tindakan meningkat menjadi 55,88 %, 2) kreativitas siswa menyelesaikan soal-soal dengan berbagai cara sebelum tindakan sebesar 11,76 % setelah tindakan meningkat menjadi 61,76 %, 3) kreativitas siswa menjawab pertanyaan guru dari gagasan aslinya sebelum tindakan sebesar 5,88 % setelah tindakan meningkat menjadi 64,71 %, 4) kreativitas siswa dalam melakukan hal-hal secara terperinci sebelum tindakan sebesar 8,82 % setelah tindakan meningkat menjadi 52,94 %, 5) kreativitas siswa memberikan tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 5,88 % setelah tindakan meningkat menjadi 50 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika.