IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED RE INVENTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME LIMAS DAN PRISMA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa 2) Meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kela...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSNANI , ANIK
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8398/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116528277225472
author KUSNANI , ANIK
author_facet KUSNANI , ANIK
author_sort KUSNANI , ANIK
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa 2) Meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode pokok (observasi dan tes) dan metode bantu (catatan lapangan dan dokumentasi ). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention. Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari indikator a) Siswa mengemukakan ide / pendapat sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 22,2 % meningkat menjadi 66, 7 %, b) Mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 11,1 % meningkat menjadi 58,8 % dan c) Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 36,1 % meningkat menjadi 91,7 %. Adanya peningkatan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention dapat dilihat dari indikator siswa mendapatkan nilai tes > 60 sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 52,8 % meningkat menjadi 88, 9 %. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran guided re invention dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8398
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8398 https://eprints.ums.ac.id/8398/ IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED RE INVENTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME LIMAS DAN PRISMA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010) KUSNANI , ANIK L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa 2) Meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode pokok (observasi dan tes) dan metode bantu (catatan lapangan dan dokumentasi ). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention. Adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari indikator a) Siswa mengemukakan ide / pendapat sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 22,2 % meningkat menjadi 66, 7 %, b) Mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 11,1 % meningkat menjadi 58,8 % dan c) Mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 36,1 % meningkat menjadi 91,7 %. Adanya peningkatan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma melalui model pembelajaran guided re invention dapat dilihat dari indikator siswa mendapatkan nilai tes > 60 sebelum diadakan tindakan sampai akhir tindakan yaitu dari 52,8 % meningkat menjadi 88, 9 %. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran guided re invention dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8398/1/A410060233.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8398/2/A410060233.pdf KUSNANI , ANIK (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED RE INVENTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME LIMAS DAN PRISMA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060233
spellingShingle L Education (General)
KUSNANI , ANIK
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED RE INVENTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME LIMAS DAN PRISMA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)
title IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED RE INVENTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME LIMAS DAN PRISMA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED RE INVENTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME LIMAS DAN PRISMA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)
title_fullStr IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED RE INVENTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME LIMAS DAN PRISMA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED RE INVENTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME LIMAS DAN PRISMA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)
title_short IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED RE INVENTION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME LIMAS DAN PRISMA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII A Semester II SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)
title_sort implementasi model pembelajaran guided re invention sebagai upaya peningkatan aktivitas belajar siswa dan pemahaman konsep luas permukaan serta volume limas dan prisma ptk pembelajaran matematika siswa kelas viii a semester ii smp muhammadiyah 4 surakarta tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8398/
work_keys_str_mv AT kusnanianik implementasimodelpembelajaranguidedreinventionsebagaiupayapeningkatanaktivitasbelajarsiswadanpemahamankonsepluaspermukaansertavolumelimasdanprismaptkpembelajaranmatematikasiswakelasviiiasemesteriismpmuhammadiyah4surakartatahunajaran20092010