PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PLANTED QUESTIONS DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI (PTK pada siswa kelas VII semester 2 SMP N 2 Banyudono )

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Planted Questions dengan bantuan alat peraga 2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Planted Questions denga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATIWI, EMI KUSUMA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8397/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 1) mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Planted Questions dengan bantuan alat peraga 2) mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode Planted Questions dengan bantuan alat peraga. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII C SMP N 2 Banyudono sejumlah 35 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah 1) Adanya peningkatan keaktifan siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan yang meliputi (a) antusiasme siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 20 % dan setelah tindakan 68,57 %, (b) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 25,71% dan setelah tindakan 77,14 %, (c) mengemukakan ide sebelum tindakan 14,28 % dan setelah tindakan 62,85 %, (d) menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan 28,57 % dan setelah tindakan 71,43. 2) Adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian. Sebelum adanya tindakan siswa yang mendapat nilai >= 60 sebanyak 13 siswa (37,14 %) dengan rata -rata kelas 50,88 dan di akhir putaran sebanyak 29 siswa (82,85 % ) dengan rata-rata kelas 75,43. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Planted Questions dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa