EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VIIIA SMP N 2 Gatak sebagai subjek pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: SURYANI , TRI
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
Vydáno: 2010
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/8394/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
_version_ 1804994627517808640
author SURYANI , TRI
author_facet SURYANI , TRI
author_sort SURYANI , TRI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VIIIA SMP N 2 Gatak sebagai subjek pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIIIA yang berjumlah 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan 1. Adanya peningkatan pemahaman konsep materi kubus dan balok yang dapat dilihat dari a). Kreatifitas siswa dalam memanipulasi sarana pembelajaran pada putaran I sebanyak 4 siswa (12,5%), putaran II sebanyak 13 siswa (40,6%) dan putaran III sebanyak 21 siswa (65,5%). b). Kemampuan menggunakan model matematisasi pada putaran I sebanyak 4 siswa (12,5%), putaran II sebanyak 11 siswa (34,4%) dan putaran III menjadi 24 siswa (75%). c). Kemampuan dalam menyelesaikan masalah pada putaran I sebanyak 5 siswa (15,6%), putaran II sebanyak 17 siswa (53,1%) dan putaran III sebanyak 28 siswa (87,5%). d). Kemampuan dalam membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep pada putaran I sebanyak 3 siswa (9,4%), putaran II sebanyak 18 siswa (56,3%) dan putaran III sebanyak 27 siswa (84,4%). 2. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada putaran I sebesar 60,69, putaran II 74,56 dan putaran III mencapai 78,44. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan barang bekas dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep kubus dan balok sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8394
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8394 https://eprints.ums.ac.id/8394/ EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak) SURYANI , TRI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok dalam pembelajaran matematika dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VIIIA SMP N 2 Gatak sebagai subjek pemberi tindakan, serta siswa-siswa kelas VIIIA yang berjumlah 32 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, interview (wawancara) dan metode dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan 1. Adanya peningkatan pemahaman konsep materi kubus dan balok yang dapat dilihat dari a). Kreatifitas siswa dalam memanipulasi sarana pembelajaran pada putaran I sebanyak 4 siswa (12,5%), putaran II sebanyak 13 siswa (40,6%) dan putaran III sebanyak 21 siswa (65,5%). b). Kemampuan menggunakan model matematisasi pada putaran I sebanyak 4 siswa (12,5%), putaran II sebanyak 11 siswa (34,4%) dan putaran III menjadi 24 siswa (75%). c). Kemampuan dalam menyelesaikan masalah pada putaran I sebanyak 5 siswa (15,6%), putaran II sebanyak 17 siswa (53,1%) dan putaran III sebanyak 28 siswa (87,5%). d). Kemampuan dalam membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep pada putaran I sebanyak 3 siswa (9,4%), putaran II sebanyak 18 siswa (56,3%) dan putaran III sebanyak 27 siswa (84,4%). 2. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada putaran I sebesar 60,69, putaran II 74,56 dan putaran III mencapai 78,44. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan barang bekas dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep kubus dan balok sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8394/1/A410060223.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8394/2/A410060223.pdf SURYANI , TRI (2010) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060223
spellingShingle L Education (General)
SURYANI , TRI
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak)
title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak)
title_full EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak)
title_fullStr EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak)
title_full_unstemmed EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak)
title_short EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BARANG BEKAS DALAM PEMBELAJAR AN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA KUBUS DAN BALOK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIIIA SMP N 2 Gatak)
title_sort efektivitas penggunaan barang bekas dalam pembelajar an matematika dengan model pembelajaran reciprocal teaching untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada kubus dan balok ptk pembelajaran matematika di kelas viiia smp n 2 gatak
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8394/
work_keys_str_mv AT suryanitri efektivitaspenggunaanbarangbekasdalampembelajaranmatematikadenganmodelpembelajaranreciprocalteachinguntukmeningkatkanpemahamankonsepmatematikasiswapadakubusdanbalokptkpembelajaranmatematikadikelasviiiasmpn2gatak