IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN METODE MULTILEVEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran CUPs dan Multilevel terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WARTININGSIH , WARTININGSIH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8393/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994627242033152
author WARTININGSIH , WARTININGSIH
author_facet WARTININGSIH , WARTININGSIH
author_sort WARTININGSIH , WARTININGSIH
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran CUPs dan Multilevel terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester 2 SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran CUPs dan Multilevel terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 6,426, (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 10,221, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0,263.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8393
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8393 https://eprints.ums.ac.id/8393/ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN METODE MULTILEVEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta) WARTININGSIH , WARTININGSIH L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran CUPs dan Multilevel terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester 2 SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran CUPs dan Multilevel terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 6,426, (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 10,221, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0,263. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8393/1/A410060220.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8393/2/A410060220.pdf WARTININGSIH , WARTININGSIH (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN METODE MULTILEVEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060220
spellingShingle L Education (General)
WARTININGSIH , WARTININGSIH
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN METODE MULTILEVEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN METODE MULTILEVEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_full IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN METODE MULTILEVEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_fullStr IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN METODE MULTILEVEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN METODE MULTILEVEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_short IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN METODE MULTILEVEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)
title_sort implementasi pembelajaran matematika dengan menggunakan metode conceptual understanding procedures cups dan metode multilevel ditinjau dari motivasi belajar siswa eksperimen pada siswa kelas vii smp muhammadiyah 2 surakarta
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8393/
work_keys_str_mv AT wartiningsihwartiningsih implementasipembelajaranmatematikadenganmenggunakanmetodeconceptualunderstandingprocedurescupsdanmetodemultilevelditinjaudarimotivasibelajarsiswaeksperimenpadasiswakelasviismpmuhammadiyah2surakarta