IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) DAN METODE MULTILEVEL DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Surakarta)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran CUPs dan Multilevel terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WARTININGSIH , WARTININGSIH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8393/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pengaruh metode pembelajaran CUPs dan Multilevel terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII semester 2 SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) ada pengaruh metode pembelajaran CUPs dan Multilevel terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 6,426, (2) ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 10,221, dan (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0,263.