IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) mengkaji peningkatan kompetensi penalaran matematika siswa melalui pendekatan open-ended problem solving dan 2) mengkaji peningkatan kompetensi komunikasi matematika siswa melalui pendekatan open-ended problem solving. Subyek penelitian ini adalah siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARTATI , ANTIK
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8392/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994626972549120
author HARTATI , ANTIK
author_facet HARTATI , ANTIK
author_sort HARTATI , ANTIK
collection ePrints
description Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) mengkaji peningkatan kompetensi penalaran matematika siswa melalui pendekatan open-ended problem solving dan 2) mengkaji peningkatan kompetensi komunikasi matematika siswa melalui pendekatan open-ended problem solving. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 42 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan kompetensi penalaran dan komunikasi matematika siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) adanya peningkatan kompetensi penalaran matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator kompetensi penalaran matematika: (a) mengajukan estimasi pada putaran I 14,6%, pada putaran II 25%, dan pada putaran III 30%, (b) memanipulasi matematika pada putaran I 48,8%, pada putaran II 65%, dan pada putaran III 72,5%, (c) menarik kesimpulan pada putaran I 60,9%, pada putaran II 72,5%, dan pada putaran III 80%, (d) memeriksa kebenaran suatu argumen pada putaran I 12,2%, pada putaran II 17,5%, dan pada putaran III 25%, (e) menemukan pola atau sifat dari gejala matematis pada putaran I 9,7%, pada putaran II 42,5%, dan pada putaran III 60%. 2) adanya peningkatan kompetensi komunikasi matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator kompetensi komunikasi matematika: (a) representasi pada putaran I 39%, pada putaran II 47,5%, dan pada putaran III 52,5%, (b) rekonstruksi pengetahuan matematis pada putaran I 43,9%, pada putaran II 62,5%, dan pada putaran III 70%, (c) interaksi dengan teman kelompok dan ikut aktif dalam memecahkan masalah atau kerjasama pada putaran I 43,9%, pada putaran II 52,5%, dan pada putaran III 77,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan open-ended problem solving dapat meningkatkan kompetensi penalaran dan komunikasi matematika siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8392
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8392 https://eprints.ums.ac.id/8392/ IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010) HARTATI , ANTIK L Education (General) Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) mengkaji peningkatan kompetensi penalaran matematika siswa melalui pendekatan open-ended problem solving dan 2) mengkaji peningkatan kompetensi komunikasi matematika siswa melalui pendekatan open-ended problem solving. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 42 siswa, sedangkan obyek penelitian ini adalah peningkatan kompetensi penalaran dan komunikasi matematika siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi penyidik. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) adanya peningkatan kompetensi penalaran matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator kompetensi penalaran matematika: (a) mengajukan estimasi pada putaran I 14,6%, pada putaran II 25%, dan pada putaran III 30%, (b) memanipulasi matematika pada putaran I 48,8%, pada putaran II 65%, dan pada putaran III 72,5%, (c) menarik kesimpulan pada putaran I 60,9%, pada putaran II 72,5%, dan pada putaran III 80%, (d) memeriksa kebenaran suatu argumen pada putaran I 12,2%, pada putaran II 17,5%, dan pada putaran III 25%, (e) menemukan pola atau sifat dari gejala matematis pada putaran I 9,7%, pada putaran II 42,5%, dan pada putaran III 60%. 2) adanya peningkatan kompetensi komunikasi matematika siswa yang dapat dilihat dari indikator kompetensi komunikasi matematika: (a) representasi pada putaran I 39%, pada putaran II 47,5%, dan pada putaran III 52,5%, (b) rekonstruksi pengetahuan matematis pada putaran I 43,9%, pada putaran II 62,5%, dan pada putaran III 70%, (c) interaksi dengan teman kelompok dan ikut aktif dalam memecahkan masalah atau kerjasama pada putaran I 43,9%, pada putaran II 52,5%, dan pada putaran III 77,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan open-ended problem solving dapat meningkatkan kompetensi penalaran dan komunikasi matematika siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8392/1/A410060211.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8392/2/A410060211.pdf HARTATI , ANTIK (2010) IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060211
spellingShingle L Education (General)
HARTATI , ANTIK
IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)
title IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)
title_fullStr IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)
title_short IMPLEMENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)
title_sort implementasi pendekatan open ended problem solving untuk meningkatkan kompetensi penalaran dan komunikasi matematika ptk pembelajaran matematika kelas vii semester ii smp negeri 2 kartasura tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8392/
work_keys_str_mv AT hartatiantik implementasipendekatanopenendedproblemsolvinguntukmeningkatkankompetensipenalarandankomunikasimatematikaptkpembelajaranmatematikakelasviisemesteriismpnegeri2kartasuratahunajaran20092010