IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi )

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle (LC) “5E” dengan mengoptimalkan media Work Sheet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muham...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YUSLISTIANA , WULAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8387/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994625875738624
author YUSLISTIANA , WULAN
author_facet YUSLISTIANA , WULAN
author_sort YUSLISTIANA , WULAN
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle (LC) “5E” dengan mengoptimalkan media Work Sheet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 3 Ngawi yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan Segi empat melalui model pembalajaran Learning Cycle (LC) “5E” dengan mengoptimalkan media Work sheet. Hal ini dapat dilihat dari : 1) perhatian dan antusias siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (48,2%), di akhir tindakan menjadi 23 siswa (85,2%), 2) siswa yang mengemukakan ide atau gagasannya sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (22,2%), di akhir tindakan naik menjadi 19 siswa (70,4%), 3) keberanian mengajukan pertanyaan pada guru sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (18,5%), di akhir tindakan naik menjadi 18 siswa (66,6%), dan 4) kemandirian siswa dalam mengerjakan soal sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (37%), di akhir tindakan naik menjadi 23 siswa (85,2%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapat nilai ≥65 hanya sebanyak 10 siswa (37%) dan di akhir tindakan menjadi 23 siswa (85,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle (LC) “5E” dengan mengoptimalkan media Work sheet dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pula terhadap peningkatan prestasi belajarnya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8387
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8387 https://eprints.ums.ac.id/8387/ IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi ) YUSLISTIANA , WULAN L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran Learning Cycle (LC) “5E” dengan mengoptimalkan media Work Sheet. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 3 Ngawi yang berjumlah 27 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan Segi empat melalui model pembalajaran Learning Cycle (LC) “5E” dengan mengoptimalkan media Work sheet. Hal ini dapat dilihat dari : 1) perhatian dan antusias siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 13 siswa (48,2%), di akhir tindakan menjadi 23 siswa (85,2%), 2) siswa yang mengemukakan ide atau gagasannya sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (22,2%), di akhir tindakan naik menjadi 19 siswa (70,4%), 3) keberanian mengajukan pertanyaan pada guru sebelum tindakan sebanyak 5 siswa (18,5%), di akhir tindakan naik menjadi 18 siswa (66,6%), dan 4) kemandirian siswa dalam mengerjakan soal sebelum tindakan sebanyak 10 siswa (37%), di akhir tindakan naik menjadi 23 siswa (85,2%). Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapat nilai ≥65 hanya sebanyak 10 siswa (37%) dan di akhir tindakan menjadi 23 siswa (85,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle (LC) “5E” dengan mengoptimalkan media Work sheet dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pula terhadap peningkatan prestasi belajarnya. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8387/1/A410060206.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8387/2/A410060206.pdf YUSLISTIANA , WULAN (2010) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A 410 060 206
spellingShingle L Education (General)
YUSLISTIANA , WULAN
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi )
title IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi )
title_full IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi )
title_fullStr IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi )
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi )
title_short IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (LC) “5E” DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA WORK SHEET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT (PTK Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Muhammadiyah 3 Ngawi )
title_sort implementasi model pembelajaran learning cycle lc 5e dengan mengoptimalkan media work sheet untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pokok bahasan segi empat ptk siswa kelas viia semester genap smp muhammadiyah 3 ngawi
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8387/
work_keys_str_mv AT yuslistianawulan implementasimodelpembelajaranlearningcyclelc5edenganmengoptimalkanmediaworksheetuntukmeningkatkanmotivasibelajarsiswapokokbahasansegiempatptksiswakelasviiasemestergenapsmpmuhammadiyah3ngawi