PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KETERAM PILAN PROSES MELALUI METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SMK MUHAMMADIYAH 2 ANDONG

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh pembelajaran Matematika dengan pendekatan keterampilan proses melalui metode penemuan terbimbing dan metode pemecahan masalah terhadap kemampuan kognitif siswa, (2) Mengetahui pengaruh kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang dan kemampuan...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkki: SYARIF, AHMAD
Materiálatiipa: Oahppočájánas
Giella:English
English
Almmustuhtton: 2010
Fáttát:
Liŋkkat:https://eprints.ums.ac.id/8382/
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
Govvádus
Čoahkkáigeassu:Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh pembelajaran Matematika dengan pendekatan keterampilan proses melalui metode penemuan terbimbing dan metode pemecahan masalah terhadap kemampuan kognitif siswa, (2) Mengetahui pengaruh kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang dan kemampuan awal rendah terhadap kemampuan kognitif siswa, (3) Mengetahui interaksi antara penggunaan pendekatan ketrampilan proses dan kemampuan awal terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Andong yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random classter sampling sederhana. Sampel yang diambil adalah Kelas X teknik komputer jaringan 2 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X teknik mekanik otomotif 1 yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi untuk memperoleh data keadaan awal siswa dan teknik tes untuk memperoleh data kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan Logika Matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anava dua jalan dengan frekuensi sel tidak sama yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas dari nilai tes kemampuan kognitif pada pokok bahasan Logika matematika. Kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut anava menggunakan metode scheffe. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan diperoleh (1) Ada perbedaan pengaruh pembelajaran Matematika dengan pendekatan keterampilan proses melalui penemuan terbimbing dan metode pemecahan masalah terhadap kemampuan kognitif siswa (FA = 6.27902). (2) Ada pengaruh perbedaan kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang dan kemampuan awal rendah terhadap kemampuan kognitif siswa (FB = 14.80999). (3) Tidak ada interaksi antara pendekatan ketrampilan proses dan kemampuan awal terhadap kemampuan kognitif siswa (FAB = 2.30673).