PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK (PTK Di SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui Asssessment For Learning dengan pendekatan umpan balik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Sambi yang berj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FORTUNAWATY, YANITA SUCI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8381/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116495201992704
author FORTUNAWATY, YANITA SUCI
author_facet FORTUNAWATY, YANITA SUCI
author_sort FORTUNAWATY, YANITA SUCI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui Asssessment For Learning dengan pendekatan umpan balik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Sambi yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 15,6% sesudah tindakan naik menjadi 56,2%, 2) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 18,7% sesudah tindakan naik menjadi 59,4%, 3) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan sebesar 9,4% sesudah tindakan naik menjadi 40,6%, 4) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 15,6% sesudah tindakan naik menjadi 53,1%, 5) antusias siswa dalam pembelajaran (mengerjakan tugas) sebelum tindakan sebesar 46,9% sesudah tindakan naik menjadi 90,6%, 6) mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 59,4% sesudah tindakan naik menjadi 93,7%, 7) memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 0% sesudah tindakan naik menjadi 50%, 8) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 6,25% sesudah tindakan naik menjadi 43,7%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan assessment for learning dengan pendekatan umpan balik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8381
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8381 https://eprints.ums.ac.id/8381/ PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK (PTK Di SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010) FORTUNAWATY, YANITA SUCI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui Asssessment For Learning dengan pendekatan umpan balik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Sambi yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 15,6% sesudah tindakan naik menjadi 56,2%, 2) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 18,7% sesudah tindakan naik menjadi 59,4%, 3) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan sebesar 9,4% sesudah tindakan naik menjadi 40,6%, 4) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 15,6% sesudah tindakan naik menjadi 53,1%, 5) antusias siswa dalam pembelajaran (mengerjakan tugas) sebelum tindakan sebesar 46,9% sesudah tindakan naik menjadi 90,6%, 6) mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 59,4% sesudah tindakan naik menjadi 93,7%, 7) memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 0% sesudah tindakan naik menjadi 50%, 8) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 6,25% sesudah tindakan naik menjadi 43,7%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan assessment for learning dengan pendekatan umpan balik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8381/1/A410060186.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8381/2/A410060186.pdf FORTUNAWATY, YANITA SUCI (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK (PTK Di SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060186
spellingShingle L Education (General)
FORTUNAWATY, YANITA SUCI
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK (PTK Di SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010)
title PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK (PTK Di SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010)
title_full PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK (PTK Di SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010)
title_fullStr PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK (PTK Di SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK (PTK Di SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010)
title_short PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK (PTK Di SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010)
title_sort peningkatan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui assessment for learning afl dengan pendekatan umpan balik ptk di smp muhammadiyah 4 sambi kelas vii tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8381/
work_keys_str_mv AT fortunawatyyanitasuci peningkatankeaktifandanmotivasisiswadalampembelajaranmatematikamelaluiassessmentforlearningafldenganpendekatanumpanbalikptkdismpmuhammadiyah4sambikelasviitahunajaran20092010