PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ASSESSMENT FOR LEARNING (AFL) DENGAN PENDEKATAN UMPAN BALIK (PTK Di SMP Muhammadiyah 4 Sambi kelas VII Tahun Ajaran 2009 / 2010)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui Asssessment For Learning dengan pendekatan umpan balik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Sambi yang berj...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8381/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui Asssessment For Learning dengan pendekatan umpan balik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Sambi yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 15,6% sesudah tindakan naik menjadi 56,2%, 2) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebesar 18,7% sesudah tindakan naik menjadi 59,4%, 3) mengemukakan pendapat atau ide sebelum tindakan sebesar 9,4% sesudah tindakan naik menjadi 40,6%, 4) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 15,6% sesudah tindakan naik menjadi 53,1%, 5) antusias siswa dalam pembelajaran (mengerjakan tugas) sebelum tindakan sebesar 46,9% sesudah tindakan naik menjadi 90,6%, 6) mendengarkan penjelasan guru sebelum tindakan sebesar 59,4% sesudah tindakan naik menjadi 93,7%, 7) memberi tanggapan dari guru atau siswa lain sebelum tindakan sebesar 0% sesudah tindakan naik menjadi 50%, 8) menanyakan yang belum jelas sebelum tindakan sebesar 6,25% sesudah tindakan naik menjadi 43,7%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan assessment for learning dengan pendekatan umpan balik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa.
|
---|