PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STARTEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Trucuk)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep segi empat melalui strategi pembelajaran reciprocal teaching dengan tugas terstruktur pada siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah si...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAIDAH , YULI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8371/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994625606254592
author WAIDAH , YULI
author_facet WAIDAH , YULI
author_sort WAIDAH , YULI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep segi empat melalui strategi pembelajaran reciprocal teaching dengan tugas terstruktur pada siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Trucuk yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur meliputi proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep segi empat melalui strategi pembelajaran reciprocal teaching denga tugas terstruktur. Hal ini dapat dilihat dari 1) siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis secara tepat sebelum tindakan terdapat 8 siswa (21,05%), pada putaran I sebanyak 11 siswa (28,9%), pada putaran II meningkat menjadi 18 siswa (47,4a%), dan pada putaran III meningkat lagi menjadi 24 siswa (63,16%), 2) siswa yang dapat memberikan tanggapan tentang jawaban peserta didik lain sebelum tindakan terdapat 8 siswa (21,05%), pada putaran I sebanyak 14 siswa (36,8%), pada putaran II meningkat menjadi 17 siswa (44,7%), dan putaran III meningkat lagi menjadi 23 siswa (60,5%), 3) siswa yang mampu membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum tindakan tidak ada siswa yang mampu, pada putaran I sebanyak 4 siswa (10,5%), pada putaran II mengalami peningkatan menjadi 7 siswa (18,4%), dan pada putaran III meningkat lagi menjadi 10 siswa (26,3%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran reciprocal teaching dengan tugas terstruktur dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep segi empat pada siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8371
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8371 https://eprints.ums.ac.id/8371/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STARTEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Trucuk) WAIDAH , YULI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep segi empat melalui strategi pembelajaran reciprocal teaching dengan tugas terstruktur pada siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 2 Trucuk yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur meliputi proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pemahaman konsep segi empat melalui strategi pembelajaran reciprocal teaching denga tugas terstruktur. Hal ini dapat dilihat dari 1) siswa yang dapat menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis secara tepat sebelum tindakan terdapat 8 siswa (21,05%), pada putaran I sebanyak 11 siswa (28,9%), pada putaran II meningkat menjadi 18 siswa (47,4a%), dan pada putaran III meningkat lagi menjadi 24 siswa (63,16%), 2) siswa yang dapat memberikan tanggapan tentang jawaban peserta didik lain sebelum tindakan terdapat 8 siswa (21,05%), pada putaran I sebanyak 14 siswa (36,8%), pada putaran II meningkat menjadi 17 siswa (44,7%), dan putaran III meningkat lagi menjadi 23 siswa (60,5%), 3) siswa yang mampu membuat kesimpulan yang meliputi mendefinisikan konsep, menemukan sifat-sifat dari konsep dan memberikan contoh dan non contoh dari konsep sebelum tindakan tidak ada siswa yang mampu, pada putaran I sebanyak 4 siswa (10,5%), pada putaran II mengalami peningkatan menjadi 7 siswa (18,4%), dan pada putaran III meningkat lagi menjadi 10 siswa (26,3%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran reciprocal teaching dengan tugas terstruktur dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep segi empat pada siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8371/1/A410060156.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8371/2/A410060156.pdf WAIDAH , YULI (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STARTEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Trucuk). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060156
spellingShingle L Education (General)
WAIDAH , YULI
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STARTEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Trucuk)
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STARTEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Trucuk)
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STARTEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Trucuk)
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STARTEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Trucuk)
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STARTEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Trucuk)
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SEGI EMPAT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STARTEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TUGAS TERSTRUKTUR (PTK pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Trucuk)
title_sort peningkatan pemahaman konsep segi empat dalam pembelajaran matematika melalui startegi reciprocal teaching dengan tugas terstruktur ptk pada siswa kelas vii semester ii smp negeri 2 trucuk
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8371/
work_keys_str_mv AT waidahyuli peningkatanpemahamankonsepsegiempatdalampembelajaranmatematikamelaluistartegireciprocalteachingdengantugasterstrukturptkpadasiswakelasviisemesteriismpnegeri2trucuk