EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAY DAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA ( Pada Kelas VII Semester II SMP Negeri I Ngargoyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2009/ 2010)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LASTRI , LASTRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8364/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Ngagoyoso Karanganyar yang berjumlah 204 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode lilliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) Terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran ditinjau dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.