IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji, (1) perbedaan prestasi belajar matematika dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS dan model konvensional pada bangun datar segitiga, (2) perbedaan tingkat partisipasi belajar siswa yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belaja...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KARIMAH, ANNISA UL
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8357/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994625335721984
author KARIMAH, ANNISA UL
author_facet KARIMAH, ANNISA UL
author_sort KARIMAH, ANNISA UL
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji, (1) perbedaan prestasi belajar matematika dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS dan model konvensional pada bangun datar segitiga, (2) perbedaan tingkat partisipasi belajar siswa yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga, (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan tingkat partisipasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 693 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa, yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode levene untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga dengan FA=5,598, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara partisipasi terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga dengan FB=5,176, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan partisipasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8357
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8357 https://eprints.ums.ac.id/8357/ IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO KARIMAH, ANNISA UL L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji, (1) perbedaan prestasi belajar matematika dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS dan model konvensional pada bangun datar segitiga, (2) perbedaan tingkat partisipasi belajar siswa yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga, (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan tingkat partisipasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 693 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa, yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode levene untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga dengan FA=5,598, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara partisipasi terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga dengan FB=5,176, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan partisipasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8357/1/A410060118.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8357/2/A410060118.pdf KARIMAH, ANNISA UL (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060118
spellingShingle L Education (General)
KARIMAH, ANNISA UL
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO
title IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO
title_full IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO
title_fullStr IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO
title_short IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO
title_sort implementasi pembelajaran matematika pada bangun datar segitiga dengan model arias ditinjau dari partisipasi belajar siswa kelas vii semester genap smp negeri 2 banyudono
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8357/
work_keys_str_mv AT karimahannisaul implementasipembelajaranmatematikapadabangundatarsegitigadenganmodelariasditinjaudaripartisipasibelajarsiswakelasviisemestergenapsmpnegeri2banyudono