IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR SEGITIGA DENGAN MODEL ARIAS DITINJAU DARI PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUDONO
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji, (1) perbedaan prestasi belajar matematika dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS dan model konvensional pada bangun datar segitiga, (2) perbedaan tingkat partisipasi belajar siswa yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belaja...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8357/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji, (1) perbedaan prestasi belajar matematika dengan penggunaan model pembelajaran ARIAS dan model konvensional pada bangun datar segitiga, (2) perbedaan tingkat partisipasi belajar siswa yang tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga, (3) interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan tingkat partisipasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono yang berjumlah 693 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa, yang terdiri dari 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode levene untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga dengan FA=5,598, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara partisipasi terhadap prestasi belajar matematika pada bangun datar segitiga dengan FB=5,176, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan partisipasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. |
---|