PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate pada pokok bahasan kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tin...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8353/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994625065189376 |
---|---|
author | NINGRUM, RATNA MUQTI |
author_facet | NINGRUM, RATNA MUQTI |
author_sort | NINGRUM, RATNA MUQTI |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate pada pokok bahasan kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Boyolali yang berjumlah 31 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif mengerjakan soal-soal dari guru sebelum diadakan tindakan sebesar 29,03%, dan di akhir tindakan mencapai 67,74%, 2) berani menjawab pertanyaan guru/ mengerjakan soal ke depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 19,35%, dan di akhir tindakan mencapai 64,51%, 3) berani menanggapi jawaban siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 9,67%, dan di akhir tindakan mencapai 35,48%, 4) berani mengkomunikasikan ide atau gagasan pada guru sebelum diadakan tindakan sebesar 16,12%, dan di akhir tindakan mencapai 41,93%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 61,29%, dan di akhir tindakan mencapai 83,87%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dapat meningkatkan partisipasi siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8353 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8353 https://eprints.ums.ac.id/8353/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010) NINGRUM, RATNA MUQTI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate pada pokok bahasan kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Boyolali yang berjumlah 31 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif mengerjakan soal-soal dari guru sebelum diadakan tindakan sebesar 29,03%, dan di akhir tindakan mencapai 67,74%, 2) berani menjawab pertanyaan guru/ mengerjakan soal ke depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 19,35%, dan di akhir tindakan mencapai 64,51%, 3) berani menanggapi jawaban siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 9,67%, dan di akhir tindakan mencapai 35,48%, 4) berani mengkomunikasikan ide atau gagasan pada guru sebelum diadakan tindakan sebesar 16,12%, dan di akhir tindakan mencapai 41,93%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 61,29%, dan di akhir tindakan mencapai 83,87%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dapat meningkatkan partisipasi siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8353/1/A410060110.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8353/2/A410060110.pdf NINGRUM, RATNA MUQTI (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060110 |
spellingShingle | L Education (General) NINGRUM, RATNA MUQTI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010) |
title | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_full | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_fullStr | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_full_unstemmed | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_short | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_sort | penerapan strategi pembelajaran aktif metode lightening the learning climate untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika ptk di smpn 4 boyolali kelas viii semester genap tahun ajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8353/ |
work_keys_str_mv | AT ningrumratnamuqti penerapanstrategipembelajaranaktifmetodelighteningthelearningclimateuntukmeningkatkanpartisipasisiswadalampembelajaranmatematikaptkdismpn4boyolalikelasviiisemestergenaptahunajaran20092010 |