PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate pada pokok bahasan kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NINGRUM, RATNA MUQTI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8353/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994625065189376
author NINGRUM, RATNA MUQTI
author_facet NINGRUM, RATNA MUQTI
author_sort NINGRUM, RATNA MUQTI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate pada pokok bahasan kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Boyolali yang berjumlah 31 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif mengerjakan soal-soal dari guru sebelum diadakan tindakan sebesar 29,03%, dan di akhir tindakan mencapai 67,74%, 2) berani menjawab pertanyaan guru/ mengerjakan soal ke depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 19,35%, dan di akhir tindakan mencapai 64,51%, 3) berani menanggapi jawaban siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 9,67%, dan di akhir tindakan mencapai 35,48%, 4) berani mengkomunikasikan ide atau gagasan pada guru sebelum diadakan tindakan sebesar 16,12%, dan di akhir tindakan mencapai 41,93%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 61,29%, dan di akhir tindakan mencapai 83,87%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dapat meningkatkan partisipasi siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8353
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8353 https://eprints.ums.ac.id/8353/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010) NINGRUM, RATNA MUQTI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate pada pokok bahasan kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Boyolali yang berjumlah 31 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus melalui strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif mengerjakan soal-soal dari guru sebelum diadakan tindakan sebesar 29,03%, dan di akhir tindakan mencapai 67,74%, 2) berani menjawab pertanyaan guru/ mengerjakan soal ke depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 19,35%, dan di akhir tindakan mencapai 64,51%, 3) berani menanggapi jawaban siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 9,67%, dan di akhir tindakan mencapai 35,48%, 4) berani mengkomunikasikan ide atau gagasan pada guru sebelum diadakan tindakan sebesar 16,12%, dan di akhir tindakan mencapai 41,93%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 61,29%, dan di akhir tindakan mencapai 83,87%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif metode Lightening the Learning Climate dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan kubus dapat meningkatkan partisipasi siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8353/1/A410060110.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8353/2/A410060110.pdf NINGRUM, RATNA MUQTI (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060110
spellingShingle L Education (General)
NINGRUM, RATNA MUQTI
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010)
title PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010)
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010)
title_short PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di SMPN 4 Boyolali Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010)
title_sort penerapan strategi pembelajaran aktif metode lightening the learning climate untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika ptk di smpn 4 boyolali kelas viii semester genap tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8353/
work_keys_str_mv AT ningrumratnamuqti penerapanstrategipembelajaranaktifmetodelighteningthelearningclimateuntukmeningkatkanpartisipasisiswadalampembelajaranmatematikaptkdismpn4boyolalikelasviiisemestergenaptahunajaran20092010