PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sawit)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi setelah dilakukan pembelajaran melalui metode Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (peneliti...

Celý popis

Uloženo v:
Podrobná bibliografie
Hlavní autor: KHOIRUNNISA , KHOIRUNNISA
Médium: Diplomová práce
Jazyk:English
English
Vydáno: 2010
Témata:
On-line přístup:https://eprints.ums.ac.id/8337/
Tagy: Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
_version_ 1804994624795705344
author KHOIRUNNISA , KHOIRUNNISA
author_facet KHOIRUNNISA , KHOIRUNNISA
author_sort KHOIRUNNISA , KHOIRUNNISA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi setelah dilakukan pembelajaran melalui metode Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Sawit, Boyolali yang berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIE. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis secara tepat sebelum tindakan 22,2% dan setelah tindakan 66,7%, 2) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 38,9% dan setelah tindakan 83,3%, 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 22,2% dan setelah tindakan 55,5%, serta 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 11,1% dan setelah tindakan 38,9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8337
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8337 https://eprints.ums.ac.id/8337/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sawit) KHOIRUNNISA , KHOIRUNNISA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi setelah dilakukan pembelajaran melalui metode Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Sawit, Boyolali yang berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIE. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis secara tepat sebelum tindakan 22,2% dan setelah tindakan 66,7%, 2) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 38,9% dan setelah tindakan 83,3%, 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 22,2% dan setelah tindakan 55,5%, serta 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 11,1% dan setelah tindakan 38,9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8337/1/A410060061.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8337/2/A410060061.pdf KHOIRUNNISA , KHOIRUNNISA (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sawit). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060061
spellingShingle L Education (General)
KHOIRUNNISA , KHOIRUNNISA
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sawit)
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sawit)
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sawit)
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sawit)
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sawit)
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sawit)
title_sort peningkatan pemahaman konsep matematika siswa kelas vii melalui metode team assisted individualization berbasis tutor sebaya ptk pada siswa kelas vii semester ii smp negeri 2 sawit
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8337/
work_keys_str_mv AT khoirunnisakhoirunnisa peningkatanpemahamankonsepmatematikasiswakelasviimelaluimetodeteamassistedindividualizationberbasistutorsebayaptkpadasiswakelasviisemesteriismpnegeri2sawit