PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MELALUI METODE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TUTOR SEBAYA (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Sawit)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi setelah dilakukan pembelajaran melalui metode Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (peneliti...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: KHOIRUNNISA , KHOIRUNNISA
Format: Thesis
Sprog:English
English
Udgivet: 2010
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/8337/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
Beskrivelse
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi setelah dilakukan pembelajaran melalui metode Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Sawit, Boyolali yang berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIE. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis secara tepat sebelum tindakan 22,2% dan setelah tindakan 66,7%, 2) kemampuan siswa dalam menerapkan konsep secara tepat sebelum tindakan 38,9% dan setelah tindakan 83,3%, 3) kemampuan siswa memberi tanggapan tentang jawaban siswa lain sebelum tindakan 22,2% dan setelah tindakan 55,5%, serta 4) kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi sebelum tindakan 11,1% dan setelah tindakan 38,9%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Team Assisted Individualization berbasis tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi.