PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SOFIAWATI , FILEIN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8332/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116527222358016
author SOFIAWATI , FILEIN
author_facet SOFIAWATI , FILEIN
author_sort SOFIAWATI , FILEIN
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kartasura yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 15,63% dan setelah tindakan 53,13%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 21,88% dan setelah tindakan 59,38%, 3) Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 56,25% ,4) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 62,50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8332
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8332 https://eprints.ums.ac.id/8332/ PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura) SOFIAWATI , FILEIN L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kartasura yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 15,63% dan setelah tindakan 53,13%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 21,88% dan setelah tindakan 59,38%, 3) Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 56,25% ,4) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 62,50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8332/1/A410060051.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8332/2/A410060051.pdf SOFIAWATI , FILEIN (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410060051
spellingShingle L Education (General)
SOFIAWATI , FILEIN
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura)
title PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura)
title_full PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura)
title_fullStr PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura)
title_full_unstemmed PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura)
title_short PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura)
title_sort peningkatan aktivitas belajar matematika melalui metode cooperative learning tipe talking stick ptk pada siswa kelas vii smp negeri 3 kartasura
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8332/
work_keys_str_mv AT sofiawatifilein peningkatanaktivitasbelajarmatematikamelaluimetodecooperativelearningtipetalkingstickptkpadasiswakelasviismpnegeri3kartasura