PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SOFIAWATI , FILEIN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8332/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative learning tipe talking stick. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kartasura yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) Mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 15,63% dan setelah tindakan 53,13%, 2) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 21,88% dan setelah tindakan 59,38%, 3) Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 18,75% dan setelah tindakan 56,25% ,4) Mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 62,50%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode cooperative learning tipe talking stick dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika.