PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI STRATEGI THE POWER OF TWO DENGAN PEMANFAATAN PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP Negeri 2 Kartasura )

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) meningkatan keaktifan siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kartasura pada pembelajaran matematika melalui strategi the power of two dengan pemanfaatan portofolio dan 2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kartasura pada pembelajaran...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: SUKMANINGRUM, VITRI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/8321/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah 1) meningkatan keaktifan siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kartasura pada pembelajaran matematika melalui strategi the power of two dengan pemanfaatan portofolio dan 2) meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kartasura pada pembelajaran matematika melalui strategi the power of two dengan pemanfaatan portofolio. Subyek penelitian ini adalah guru matematika kelas VII E sebagai subyek pemberi tindakan dan siswa kelas VII E yang berjumlah 42 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kartasura pada pembelajaran matematika melalui strategi the power of two dengan pemanfaatan portofolio. Peningkatan keaktifan siswa tersebut dapat dilihat dari aspek: (a) keaktifan siswa dalam bertanya kepada guru atau siswa lain, sebelum tindakan sebesar 21,43% dan diakhir tindakan mencapai 66,67%, (b) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas, sebelum tindakan sebesar 11,90% dan diakhir tindakan mencapai 35,71%, (c) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan sebesar 16,67% dan diakhir tindakan mencapai 54,76%, (d) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide/pendapat, sebelum tindakan sebesar 4,76% dan diakhir tindakan mencapai 28,57%. Sedangkan peningkatan prestasi siswa dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas siswa sebelum tindakan sebesar 53,57 dan diakhir tindakan mencapai 74,07. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan strategi the power of two dengan pemanfaatan portofolio pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.