PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV melalui penggunaan pendekatan Pair Checks dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subyek yang diteliti adalah kelas VI...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUGROHO, DANANG SATRIO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8302/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994624250445824
author NUGROHO, DANANG SATRIO
author_facet NUGROHO, DANANG SATRIO
author_sort NUGROHO, DANANG SATRIO
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV melalui penggunaan pendekatan Pair Checks dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subyek yang diteliti adalah kelas VIII A di SMP N 2 Banyudono. Sampel yang diteliti adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik observasi,tes dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan interaktif yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan selama 2 siklus. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan partisipasi pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Partisipasi siswa meningkat dari 52,2% pada kondisi awal menjadi 68,9% pada siklus I, dan meningkat menjadi 88,9% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. 2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan pemahaman pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Pemahaman siswa meningkat dari 56,4% pada kondisi awal menjadi 78,3% pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,5% pada akhir siklus II. Berdasar hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8302
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8302 https://eprints.ums.ac.id/8302/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010) NUGROHO, DANANG SATRIO L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV melalui penggunaan pendekatan Pair Checks dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subyek yang diteliti adalah kelas VIII A di SMP N 2 Banyudono. Sampel yang diteliti adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik observasi,tes dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan interaktif yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan selama 2 siklus. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan partisipasi pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Partisipasi siswa meningkat dari 52,2% pada kondisi awal menjadi 68,9% pada siklus I, dan meningkat menjadi 88,9% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. 2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan pemahaman pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Pemahaman siswa meningkat dari 56,4% pada kondisi awal menjadi 78,3% pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,5% pada akhir siklus II. Berdasar hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8302/1/A410050041.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8302/2/A410050041.pdf NUGROHO, DANANG SATRIO (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410050041
spellingShingle L Education (General)
NUGROHO, DANANG SATRIO
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010)
title PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010)
title_fullStr PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010)
title_full_unstemmed PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010)
title_short PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010)
title_sort peningkatan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan spldv melalui pendekatan pair checks penelitian tindakan kelas di smp negeri 2 banyudono tahun ajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/8302/
work_keys_str_mv AT nugrohodanangsatrio peningkatanpemahamankonsepsiswapadapokokbahasanspldvmelaluipendekatanpaircheckspenelitiantindakankelasdismpnegeri2banyudonotahunajaran20092010