PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV melalui penggunaan pendekatan Pair Checks dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subyek yang diteliti adalah kelas VI...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8302/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994624250445824 |
---|---|
author | NUGROHO, DANANG SATRIO |
author_facet | NUGROHO, DANANG SATRIO |
author_sort | NUGROHO, DANANG SATRIO |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV melalui penggunaan pendekatan Pair Checks dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subyek yang diteliti adalah kelas VIII A di SMP N 2 Banyudono. Sampel yang diteliti adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik observasi,tes dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan interaktif yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan selama 2 siklus. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan partisipasi pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Partisipasi siswa meningkat dari 52,2% pada kondisi awal menjadi 68,9% pada siklus I, dan meningkat menjadi 88,9% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. 2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan pemahaman pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Pemahaman siswa meningkat dari 56,4% pada kondisi awal menjadi 78,3% pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,5% pada akhir siklus II. Berdasar hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:8302 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:8302 https://eprints.ums.ac.id/8302/ PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010) NUGROHO, DANANG SATRIO L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV melalui penggunaan pendekatan Pair Checks dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subyek yang diteliti adalah kelas VIII A di SMP N 2 Banyudono. Sampel yang diteliti adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik observasi,tes dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan interaktif yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan selama 2 siklus. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan partisipasi pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Partisipasi siswa meningkat dari 52,2% pada kondisi awal menjadi 68,9% pada siklus I, dan meningkat menjadi 88,9% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. 2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan pemahaman pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Pemahaman siswa meningkat dari 56,4% pada kondisi awal menjadi 78,3% pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,5% pada akhir siklus II. Berdasar hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8302/1/A410050041.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8302/2/A410050041.pdf NUGROHO, DANANG SATRIO (2010) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410050041 |
spellingShingle | L Education (General) NUGROHO, DANANG SATRIO PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010) |
title | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_full | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_fullStr | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_short | PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010) |
title_sort | peningkatan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan spldv melalui pendekatan pair checks penelitian tindakan kelas di smp negeri 2 banyudono tahun ajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/8302/ |
work_keys_str_mv | AT nugrohodanangsatrio peningkatanpemahamankonsepsiswapadapokokbahasanspldvmelaluipendekatanpaircheckspenelitiantindakankelasdismpnegeri2banyudonotahunajaran20092010 |