PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA POKOK BAHASAN SPLDV MELALUI PENDEKATAN PAIR CHECKS (Penelitian Tindakan Kelas di SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV melalui penggunaan pendekatan Pair Checks dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subyek yang diteliti adalah kelas VI...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUGROHO, DANANG SATRIO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8302/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV melalui penggunaan pendekatan Pair Checks dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Subyek yang diteliti adalah kelas VIII A di SMP N 2 Banyudono. Sampel yang diteliti adalah kelas VIII A dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Data yang diperlukan diperoleh melalui teknik observasi,tes dan Wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan interaktif yang terdiri dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari pengamatan selama 2 siklus. Berdasarkan hasil analisis data, maka disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan partisipasi pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Partisipasi siswa meningkat dari 52,2% pada kondisi awal menjadi 68,9% pada siklus I, dan meningkat menjadi 88,9% pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. 2) Pembelajaran matematika dengan pendekatan Pair Checks dapat meningkatkan pemahaman pada siswa kelas VIII A SMP N 2 Banyudono tahun pelajaran 2009/2010. Pemahaman siswa meningkat dari 56,4% pada kondisi awal menjadi 78,3% pada siklus I, dan meningkat menjadi 87,5% pada akhir siklus II. Berdasar hasil analisis tersebut dapat diketahui bahwa pendekatan Pair Checks memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa pada konsep SPLDV.