KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA

Penelitian ini mempunyai tujuan umum untuk mengetahui bagaimana karakteristik kepemimpinan ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Tujuan umum ini dijabarkan menjadi tiga sub fokus yaitu: 1) mendiskripsikan karakteristik fisik ruang kerja ketua program studi, 2) mendiskripsikan karakteristik...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: Karyaningsih, Natalia Endang Wani
Formato: Thesis
Idioma:English
English
Publicado: 2010
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/8221/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
_version_ 1804994623167266816
author Karyaningsih, Natalia Endang Wani
author_facet Karyaningsih, Natalia Endang Wani
author_sort Karyaningsih, Natalia Endang Wani
collection ePrints
description Penelitian ini mempunyai tujuan umum untuk mengetahui bagaimana karakteristik kepemimpinan ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Tujuan umum ini dijabarkan menjadi tiga sub fokus yaitu: 1) mendiskripsikan karakteristik fisik ruang kerja ketua program studi, 2) mendiskripsikan karakteristik hubungan kerja ketua program studi dengan para dosen dan karyawan yang menjadi bawahannya, 3) mendiskripsikan karakteristik hubungan sosial ketua program studi dengan tetangga di lingkungan tempat tinggalnya. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis tertata dalam situs yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis, dalam penelitian ini terdapat temuan sebagai berikut:1) ruang kerja kaprodi tertata baik, dilengkapi dengan fasilitas kerja yang dapat mempelancar tugas-tugas kaprodi, 2) hubungan kerja kaprodi dengan dosen lain terjalin baik, kaprodi menghormati dosen lain terutama dosen senior, kaprodi sering minta saran dan pendapat dari dosen lain, namun di sisi lain untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu kaprodi lebih sering bekerja dengan kelompoknya, dalam keadaan tertentu dan khusus sering mengambil keputusan sendiri tanpa melibatkan dosen lain, gaya kepemimpinan kaprodi lebih mengarah kepada gaya situasional, hubungan komunikasi kaprodi dengan mahasiswa terjalin baik, 3) hubungan sosial kaprodi dengan lingkungan tempat tinggalnya terjalin baik, memiliki daya keberterimaan oleh masyarakat sekitar tempat tinggal, dapat berbaur dengan tetangga, aktif dalam kegiatan masyarakat, mampu memberikan saran dan masukan bagi masyarakat, supel, dan tidak angkuh.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8221
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8221 https://eprints.ums.ac.id/8221/ KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA Karyaningsih, Natalia Endang Wani LB2300 Higher Education Penelitian ini mempunyai tujuan umum untuk mengetahui bagaimana karakteristik kepemimpinan ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Tujuan umum ini dijabarkan menjadi tiga sub fokus yaitu: 1) mendiskripsikan karakteristik fisik ruang kerja ketua program studi, 2) mendiskripsikan karakteristik hubungan kerja ketua program studi dengan para dosen dan karyawan yang menjadi bawahannya, 3) mendiskripsikan karakteristik hubungan sosial ketua program studi dengan tetangga di lingkungan tempat tinggalnya. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis tertata dalam situs yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis, dalam penelitian ini terdapat temuan sebagai berikut:1) ruang kerja kaprodi tertata baik, dilengkapi dengan fasilitas kerja yang dapat mempelancar tugas-tugas kaprodi, 2) hubungan kerja kaprodi dengan dosen lain terjalin baik, kaprodi menghormati dosen lain terutama dosen senior, kaprodi sering minta saran dan pendapat dari dosen lain, namun di sisi lain untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu kaprodi lebih sering bekerja dengan kelompoknya, dalam keadaan tertentu dan khusus sering mengambil keputusan sendiri tanpa melibatkan dosen lain, gaya kepemimpinan kaprodi lebih mengarah kepada gaya situasional, hubungan komunikasi kaprodi dengan mahasiswa terjalin baik, 3) hubungan sosial kaprodi dengan lingkungan tempat tinggalnya terjalin baik, memiliki daya keberterimaan oleh masyarakat sekitar tempat tinggal, dapat berbaur dengan tetangga, aktif dalam kegiatan masyarakat, mampu memberikan saran dan masukan bagi masyarakat, supel, dan tidak angkuh. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8221/1/Q100070032.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8221/2/Q100070032.pdf Karyaningsih, Natalia Endang Wani (2010) KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100070032
spellingShingle LB2300 Higher Education
Karyaningsih, Natalia Endang Wani
KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA
title KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA
title_full KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA
title_fullStr KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA
title_full_unstemmed KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA
title_short KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA
title_sort kepemimpinan ketua program studi pendidikan bahasa inggris fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sarjanawiyata tamansiswa yogyakarta
topic LB2300 Higher Education
url https://eprints.ums.ac.id/8221/
work_keys_str_mv AT karyaningsihnataliaendangwani kepemimpinanketuaprogramstudipendidikanbahasainggrisfakultaskeguruandanilmupendidikanuniversitassarjanawiyatatamansiswayogyakarta