KEPEMIMPINAN KETUA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA

Penelitian ini mempunyai tujuan umum untuk mengetahui bagaimana karakteristik kepemimpinan ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Tujuan umum ini dijabarkan menjadi tiga sub fokus yaitu: 1) mendiskripsikan karakteristik fisik ruang kerja ketua program studi, 2) mendiskripsikan karakteristik...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: Karyaningsih, Natalia Endang Wani
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
منشور في: 2010
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/8221/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
الوصف
الملخص:Penelitian ini mempunyai tujuan umum untuk mengetahui bagaimana karakteristik kepemimpinan ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Tujuan umum ini dijabarkan menjadi tiga sub fokus yaitu: 1) mendiskripsikan karakteristik fisik ruang kerja ketua program studi, 2) mendiskripsikan karakteristik hubungan kerja ketua program studi dengan para dosen dan karyawan yang menjadi bawahannya, 3) mendiskripsikan karakteristik hubungan sosial ketua program studi dengan tetangga di lingkungan tempat tinggalnya. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah ketua program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis tertata dalam situs yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis, dalam penelitian ini terdapat temuan sebagai berikut:1) ruang kerja kaprodi tertata baik, dilengkapi dengan fasilitas kerja yang dapat mempelancar tugas-tugas kaprodi, 2) hubungan kerja kaprodi dengan dosen lain terjalin baik, kaprodi menghormati dosen lain terutama dosen senior, kaprodi sering minta saran dan pendapat dari dosen lain, namun di sisi lain untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu kaprodi lebih sering bekerja dengan kelompoknya, dalam keadaan tertentu dan khusus sering mengambil keputusan sendiri tanpa melibatkan dosen lain, gaya kepemimpinan kaprodi lebih mengarah kepada gaya situasional, hubungan komunikasi kaprodi dengan mahasiswa terjalin baik, 3) hubungan sosial kaprodi dengan lingkungan tempat tinggalnya terjalin baik, memiliki daya keberterimaan oleh masyarakat sekitar tempat tinggal, dapat berbaur dengan tetangga, aktif dalam kegiatan masyarakat, mampu memberikan saran dan masukan bagi masyarakat, supel, dan tidak angkuh.