UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009

TPS (Think, Pair, Share) adalah model pembelajaran yang menuntut setiap siswa untuk memahami suatu materi pelajaran atau konsep, melalui proses berfikir dan berbagi dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran kooperatif...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: MUSTHOFA, ZAINAL
Format: Disertacija
Jezik:English
English
Izdano: 2009
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/8196/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
_version_ 1804994622617812992
author MUSTHOFA, ZAINAL
author_facet MUSTHOFA, ZAINAL
author_sort MUSTHOFA, ZAINAL
collection ePrints
description TPS (Think, Pair, Share) adalah model pembelajaran yang menuntut setiap siswa untuk memahami suatu materi pelajaran atau konsep, melalui proses berfikir dan berbagi dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran kooperatif model TPS (Think, Pair, Share) pada siswa kelas VII-B semester II SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah metode alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I {ranah kognitif: 6,34 atau meningkat sebesar 0,61 dari nilai awal,ranah afektif: 23,95 (termasuk kategori kurang berminat)}. Rata-rata hasil belajar pada siklus II {ranah kognitif:8,47 atau meningkat sebesar 2,13 dari siklus I, ranah afektif 45,34 (termasuk kateri berminat) atau meningkat sebesar 21,39 dari saiklus I } Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think, Pair, Share) pada materi pokok kepadatan populasi manusia hubunganya dengan lingkungan dan dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-B semester II SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8196
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2009
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8196 https://eprints.ums.ac.id/8196/ UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009 MUSTHOFA, ZAINAL QH301 Biology TPS (Think, Pair, Share) adalah model pembelajaran yang menuntut setiap siswa untuk memahami suatu materi pelajaran atau konsep, melalui proses berfikir dan berbagi dengan temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar biologi dengan pembelajaran kooperatif model TPS (Think, Pair, Share) pada siswa kelas VII-B semester II SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah metode alur yang dilalui dalam analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I {ranah kognitif: 6,34 atau meningkat sebesar 0,61 dari nilai awal,ranah afektif: 23,95 (termasuk kategori kurang berminat)}. Rata-rata hasil belajar pada siklus II {ranah kognitif:8,47 atau meningkat sebesar 2,13 dari siklus I, ranah afektif 45,34 (termasuk kateri berminat) atau meningkat sebesar 21,39 dari saiklus I } Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think, Pair, Share) pada materi pokok kepadatan populasi manusia hubunganya dengan lingkungan dan dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-B semester II SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009 2009 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8196/1/A420050081.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8196/2/A420050081.pdf MUSTHOFA, ZAINAL (2009) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420050081
spellingShingle QH301 Biology
MUSTHOFA, ZAINAL
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009
title UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009
title_full UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009
title_fullStr UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009
title_full_unstemmed UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009
title_short UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS (think, pair, share) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN KEPADATAN POPULASI MANUSIA HUBUNGANNYA DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009
title_sort upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui implementasi pembelajaran kooperatif tps think pair share pada pembelajaran biologi pokok bahasan kepadatan populasi manusia hubungannya dengan lingkungan siswa kelas vii b smp muhammadiyah 1 klaten tahun ajaran 2008 2009
topic QH301 Biology
url https://eprints.ums.ac.id/8196/
work_keys_str_mv AT musthofazainal upayapeningkatanprestasibelajarsiswamelaluiimplementasipembelajarankooperatiftpsthinkpairsharepadapembelajaranbiologipokokbahasankepadatanpopulasimanusiahubungannyadenganlingkungansiswakelasviibsmpmuhammadiyah1klatentahunajaran20082009