UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT- CREATED STUDIES DENGAN MEMANFAATKAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII E Semester II SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2009/2010)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student-created studies dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: UTAMI , TRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8167/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student-created studies dengan memanfaatkan alat peraga. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Ngemplak yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran student-created studies dengan memanfaatkan alat peraga. Hal ini dapat dilihat dari 1) Partisipasi siswa dalam kegiatan kelompok sebelum diadakan tindakan sebesar 14,7 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 61,67 %, 2) Menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 11,8 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 52,94 %, 3) Mengemukakan pendapat sebelum diadakan tindakan sebesar 14,7 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 55,88 %, 4) Ketuntasan KKM sebelum diadakan tindakan sebesar 17,6 %, setelah dilakukan tindakan meningkat menjadi 85,94 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student-Created Studies dengan memanfaatkan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.