HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENGHARGAAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA KARYAWAN CV. SARI ALAM SUKOHARJO

Motivasi berprestasi besar sekali peranannya dalam mempengaruhi kehidupan manusia. Seseorang yang motivasi berprestasinya tinggi apabila memperoleh tugas atau pekerjaan maka ia akan mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh dan berusaha memberikan hasil yang terbaik. Sebaliknya, individu yang motivas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wijianto, Slamet
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8114/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994621264101376
author Wijianto, Slamet
author_facet Wijianto, Slamet
author_sort Wijianto, Slamet
collection ePrints
description Motivasi berprestasi besar sekali peranannya dalam mempengaruhi kehidupan manusia. Seseorang yang motivasi berprestasinya tinggi apabila memperoleh tugas atau pekerjaan maka ia akan mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh dan berusaha memberikan hasil yang terbaik. Sebaliknya, individu yang motivasi berprestasinya rendah akan menjalankan tugas dan pekerjaan yang diberikan kepadanya dengan kurang bersungguh-sungguh dan kurang terpacu untuk berusaha memberikan hasil yang maksimal. Salah satu faktor yang diasumsikan berpengaruh terhadap motivasi berprestasi yaitu persepsi terhadap penghargaan. Tujuan penelitian pada dasarnya untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap penghargaan (reward) dengan motivasi berprestasi pada karyawan. Hipotesis yang diajukan: ada hubungan antara persepsi terhadap penghargaan dengan motivasi berprestasi pada karyawan. Subjek penelitian karyawan CV. Sari Alam Sukoharjo berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel secara studi populasi, dan metode pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap penghargaan dan skala berprestasi pada karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,468; p = 0,002 (p < 0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap penghargaan dengan motivasi berprestasi. Semakin tinggi (positif) persepsi terhadap penghargaan maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi. Nilai koefisien determinan (r2) sebesar 0,219. Berarti sumbangan efektif persepsi terhadap penghargaan terhadap motivasi berprestasi sebesar 21,9% dan masih terdapat 78,1% variabel lain yang mempengaruhi motivasi berprestasi di luar variabel persepsi terhadap penghargaan seperti usia, inteligensi, kepribadian, minat, tingkat pendidikan karakteristik individu, pekerjaan, dan pengalaman kerja. Berdasarkan hasil analisis diketahui variabel persepsi terhadap penghargaan mempunyai rerata empirik sebesar 70,950 dan rerata hipotetik sebesar 72,5 yang berarti persepsi terhadap penghargaan pada subjek tergolong sedang. Nilai rerata empirik motivasi berprestasi sebesar 95,405 dan rerata hipotetik sebesar 92,5 yang berarti motivasi berprestasi pada subjek penelitian tergolong sedang. Hasil penelitian ini menyatakan ada hubungan positif yang sangat signfikan antara persepsi terhadap penghargaan dengan motivasi berprestasi pada karyawan. Namun demikian masih terdapat faktor-faktor lain yang diasumsikan berpengaruh motivasi berprestasi, selain variabel persepsi terhadap penghargaan
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8114
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8114 https://eprints.ums.ac.id/8114/ HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENGHARGAAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA KARYAWAN CV. SARI ALAM SUKOHARJO Wijianto, Slamet BF Religion and Philosophy Motivasi berprestasi besar sekali peranannya dalam mempengaruhi kehidupan manusia. Seseorang yang motivasi berprestasinya tinggi apabila memperoleh tugas atau pekerjaan maka ia akan mengerjakannya dengan bersungguh-sungguh dan berusaha memberikan hasil yang terbaik. Sebaliknya, individu yang motivasi berprestasinya rendah akan menjalankan tugas dan pekerjaan yang diberikan kepadanya dengan kurang bersungguh-sungguh dan kurang terpacu untuk berusaha memberikan hasil yang maksimal. Salah satu faktor yang diasumsikan berpengaruh terhadap motivasi berprestasi yaitu persepsi terhadap penghargaan. Tujuan penelitian pada dasarnya untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap penghargaan (reward) dengan motivasi berprestasi pada karyawan. Hipotesis yang diajukan: ada hubungan antara persepsi terhadap penghargaan dengan motivasi berprestasi pada karyawan. Subjek penelitian karyawan CV. Sari Alam Sukoharjo berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel secara studi populasi, dan metode pengumpulan data menggunakan skala persepsi terhadap penghargaan dan skala berprestasi pada karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan teknik analisis product moment Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,468; p = 0,002 (p < 0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap penghargaan dengan motivasi berprestasi. Semakin tinggi (positif) persepsi terhadap penghargaan maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi. Nilai koefisien determinan (r2) sebesar 0,219. Berarti sumbangan efektif persepsi terhadap penghargaan terhadap motivasi berprestasi sebesar 21,9% dan masih terdapat 78,1% variabel lain yang mempengaruhi motivasi berprestasi di luar variabel persepsi terhadap penghargaan seperti usia, inteligensi, kepribadian, minat, tingkat pendidikan karakteristik individu, pekerjaan, dan pengalaman kerja. Berdasarkan hasil analisis diketahui variabel persepsi terhadap penghargaan mempunyai rerata empirik sebesar 70,950 dan rerata hipotetik sebesar 72,5 yang berarti persepsi terhadap penghargaan pada subjek tergolong sedang. Nilai rerata empirik motivasi berprestasi sebesar 95,405 dan rerata hipotetik sebesar 92,5 yang berarti motivasi berprestasi pada subjek penelitian tergolong sedang. Hasil penelitian ini menyatakan ada hubungan positif yang sangat signfikan antara persepsi terhadap penghargaan dengan motivasi berprestasi pada karyawan. Namun demikian masih terdapat faktor-faktor lain yang diasumsikan berpengaruh motivasi berprestasi, selain variabel persepsi terhadap penghargaan 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8114/1/F100970341.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8114/2/F100970341.pdf Wijianto, Slamet (2010) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENGHARGAAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA KARYAWAN CV. SARI ALAM SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100970341
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Wijianto, Slamet
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENGHARGAAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA KARYAWAN CV. SARI ALAM SUKOHARJO
title HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENGHARGAAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA KARYAWAN CV. SARI ALAM SUKOHARJO
title_full HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENGHARGAAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA KARYAWAN CV. SARI ALAM SUKOHARJO
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENGHARGAAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA KARYAWAN CV. SARI ALAM SUKOHARJO
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENGHARGAAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA KARYAWAN CV. SARI ALAM SUKOHARJO
title_short HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PENGHARGAAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA KARYAWAN CV. SARI ALAM SUKOHARJO
title_sort hubungan antara persepsi terhadap penghargaan dengan motivasi berprestasi pada karyawan cv sari alam sukoharjo
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/8114/
work_keys_str_mv AT wijiantoslamet hubunganantarapersepsiterhadappenghargaandenganmotivasiberprestasipadakaryawancvsarialamsukoharjo