ANALISIS NIAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA KEMBALI DI TOSERBA MITRA KARTASURA

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara sikap, norma subyektif, dan perilaku lampau terhadap niat konsumen untuk berbelanja kembali. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas khususnya kepada Toserba Mitra Kar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURNOMO , WIDIANTO ARI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8077/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116522814144512
author PURNOMO , WIDIANTO ARI
author_facet PURNOMO , WIDIANTO ARI
author_sort PURNOMO , WIDIANTO ARI
collection ePrints
description Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara sikap, norma subyektif, dan perilaku lampau terhadap niat konsumen untuk berbelanja kembali. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas khususnya kepada Toserba Mitra Kartasura tentang (sikap, norma subyektif, dan perilaku lampau) konsumen. Pengujian hipotesa dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinan (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toserba Mitra Kartasura. Sedangkan sampel penelitian adalah 100 konsumen Toserba Mitra Kartasura yang sudah pernah minimal berbelanja dua kali di Toserba Mitra Kartasura. Berdasarkan hasil penelitian Uji t variabel sikap (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 3,591 > 1,985 dengan probabilitas (0,001 < 0,05) maka berpengaruh signifikan terhadap niat untuk berbelanja kembali. Variabel norma subyektif (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 4,550 > 1,985 dengan probabilitas (0,000 < 0,05) maka berpengaruh signifikan terhadap niat untuk berbelanja kembali. Variabel perilaku lampau (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 4,393 > 1,985 dengan probabilitas (0,000 < 0,05) maka perilaku lampau berpengaruh signifikan terhadap niat untuk berbelanja kembali. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 63,320 > 2,68 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka sikap, norma subyektif dan perilaku lampau secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap niat untuk berbelanja kembali. Nilai koefisien determinasi atau R2 diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,664. Hal ini berarti niat konsumen untuk berbelanja kembali di Toserba Mitra Kartasura dipengaruhi oleh variasi sikap, norma subyektif dan perilaku lampau sebesar 66,4%. Sementara sisanya sebesar 33,6% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa perilaku lampau mempunyai nilai koefisien beta sebesar 0,350 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel-variabel yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku lampau lebih dominan berpengaruh terhadap niat konsumen untuk berbelanja kembali di Toserba Mitra Kartasura dibandingkan dengan variabel yang lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8077
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8077 https://eprints.ums.ac.id/8077/ ANALISIS NIAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA KEMBALI DI TOSERBA MITRA KARTASURA PURNOMO , WIDIANTO ARI HD28 Management Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara sikap, norma subyektif, dan perilaku lampau terhadap niat konsumen untuk berbelanja kembali. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas khususnya kepada Toserba Mitra Kartasura tentang (sikap, norma subyektif, dan perilaku lampau) konsumen. Pengujian hipotesa dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinan (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Toserba Mitra Kartasura. Sedangkan sampel penelitian adalah 100 konsumen Toserba Mitra Kartasura yang sudah pernah minimal berbelanja dua kali di Toserba Mitra Kartasura. Berdasarkan hasil penelitian Uji t variabel sikap (X1) diperoleh nilai thitung sebesar 3,591 > 1,985 dengan probabilitas (0,001 < 0,05) maka berpengaruh signifikan terhadap niat untuk berbelanja kembali. Variabel norma subyektif (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 4,550 > 1,985 dengan probabilitas (0,000 < 0,05) maka berpengaruh signifikan terhadap niat untuk berbelanja kembali. Variabel perilaku lampau (X3) diperoleh nilai thitung sebesar 4,393 > 1,985 dengan probabilitas (0,000 < 0,05) maka perilaku lampau berpengaruh signifikan terhadap niat untuk berbelanja kembali. Berdasarkan hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 63,320 > 2,68 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 maka sikap, norma subyektif dan perilaku lampau secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap niat untuk berbelanja kembali. Nilai koefisien determinasi atau R2 diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,664. Hal ini berarti niat konsumen untuk berbelanja kembali di Toserba Mitra Kartasura dipengaruhi oleh variasi sikap, norma subyektif dan perilaku lampau sebesar 66,4%. Sementara sisanya sebesar 33,6% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa perilaku lampau mempunyai nilai koefisien beta sebesar 0,350 yang lebih besar jika dibandingkan dengan variabel-variabel yang lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku lampau lebih dominan berpengaruh terhadap niat konsumen untuk berbelanja kembali di Toserba Mitra Kartasura dibandingkan dengan variabel yang lain. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8077/1/B100060228.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8077/2/B100060228.pdf PURNOMO , WIDIANTO ARI (2010) ANALISIS NIAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA KEMBALI DI TOSERBA MITRA KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100060228
spellingShingle HD28 Management
PURNOMO , WIDIANTO ARI
ANALISIS NIAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA KEMBALI DI TOSERBA MITRA KARTASURA
title ANALISIS NIAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA KEMBALI DI TOSERBA MITRA KARTASURA
title_full ANALISIS NIAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA KEMBALI DI TOSERBA MITRA KARTASURA
title_fullStr ANALISIS NIAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA KEMBALI DI TOSERBA MITRA KARTASURA
title_full_unstemmed ANALISIS NIAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA KEMBALI DI TOSERBA MITRA KARTASURA
title_short ANALISIS NIAT KONSUMEN UNTUK BERBELANJA KEMBALI DI TOSERBA MITRA KARTASURA
title_sort analisis niat konsumen untuk berbelanja kembali di toserba mitra kartasura
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/8077/
work_keys_str_mv AT purnomowidiantoari analisisniatkonsumenuntukberbelanjakembaliditoserbamitrakartasura