ANALISIS PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Kasus Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo)

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung harapan pelanggan secara positif terhadap loyalitas pelanggan, mengetahui pengaruh tidak langsung harapan pelanggan melalui kepuasan pelanggan dalam mempengaruhi secara positif terhadap loyalitas pelanggan, mengetahui pengar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kusuma, Paramita Putri
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7891/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116519897006080
author Kusuma, Paramita Putri
author_facet Kusuma, Paramita Putri
author_sort Kusuma, Paramita Putri
collection ePrints
description Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung harapan pelanggan secara positif terhadap loyalitas pelanggan, mengetahui pengaruh tidak langsung harapan pelanggan melalui kepuasan pelanggan dalam mempengaruhi secara positif terhadap loyalitas pelanggan, mengetahui pengaruh langsung secara positif aplikasi bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dan mengetahui pengaruh aplikasi bauran pemasaran melalui kepuasan pelanggan dalam mempengaruhi secara positif terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian struktural yang memunginkan pengujian sebuah rangkaian hubungan yang relative “rumit” secara simultan, sehingga pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation modeling (SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan Hypermarket Carrefour yang berdomisili di Sukoharjo, Sedangkan sampel penelitian adalah 120 orang responden dengan judgement sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh ekspektasi pelanggan dan aplikasi bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai mediator Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo diperoleh hasil bahwa pengaruh variabel harapan pelanggan (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y1) diperoleh nilai C.R sebesar 2,940 (p= 0,003 > 0,05) sehingga harapan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Carrefour. Pengaruh variabel harapan pelanggan (X1) terhadap loyalitas pelanggan (Y2) diperoleh nilai C.R sebesar 0,446 (p= 0,656 > 0,05) sehingga harapan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Carrefour. Namun hasil efek langsung dan tidak langsung diketahui bahwa harapan pelanggan mempunyai efek langsung terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,339; sedangkan besarnya efek tidak langsung adalah sebesar 1,053. Oleh karena efek langsung lebih kecil jika dibandingkan dengan efek tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa harapan pelanggan berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Pengaruh variabel bauran pemaran (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y1) diperoleh nilai C.R sebesar -0,392 (p= 0,695 > 0,05) sehingga bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Carrefour. Pengaruh variabel bauran pemasaran (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y2) diperoleh nilai C.R sebesar -0,605 (p= 0,545 > 0,05) sehingga bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Carrefour. Namun hasil perhitungan efek lansung dan tidak langsung diketahui besarnya efek langsung terhadap loyalitas pelanggan adalah -0,335; sedangkan untuk efek tidak langsungnya adalah sebesar -0,139. Oleh karena efek langsung lebih kecil jika dibandingkan dengan efek tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7891
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7891 https://eprints.ums.ac.id/7891/ ANALISIS PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Kasus Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo) Kusuma, Paramita Putri HD28 Management Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung harapan pelanggan secara positif terhadap loyalitas pelanggan, mengetahui pengaruh tidak langsung harapan pelanggan melalui kepuasan pelanggan dalam mempengaruhi secara positif terhadap loyalitas pelanggan, mengetahui pengaruh langsung secara positif aplikasi bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dan mengetahui pengaruh aplikasi bauran pemasaran melalui kepuasan pelanggan dalam mempengaruhi secara positif terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian struktural yang memunginkan pengujian sebuah rangkaian hubungan yang relative “rumit” secara simultan, sehingga pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation modeling (SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan Hypermarket Carrefour yang berdomisili di Sukoharjo, Sedangkan sampel penelitian adalah 120 orang responden dengan judgement sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh ekspektasi pelanggan dan aplikasi bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai mediator Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo diperoleh hasil bahwa pengaruh variabel harapan pelanggan (X1) terhadap kepuasan pelanggan (Y1) diperoleh nilai C.R sebesar 2,940 (p= 0,003 > 0,05) sehingga harapan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Carrefour. Pengaruh variabel harapan pelanggan (X1) terhadap loyalitas pelanggan (Y2) diperoleh nilai C.R sebesar 0,446 (p= 0,656 > 0,05) sehingga harapan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Carrefour. Namun hasil efek langsung dan tidak langsung diketahui bahwa harapan pelanggan mempunyai efek langsung terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,339; sedangkan besarnya efek tidak langsung adalah sebesar 1,053. Oleh karena efek langsung lebih kecil jika dibandingkan dengan efek tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa harapan pelanggan berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Pengaruh variabel bauran pemaran (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y1) diperoleh nilai C.R sebesar -0,392 (p= 0,695 > 0,05) sehingga bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Carrefour. Pengaruh variabel bauran pemasaran (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y2) diperoleh nilai C.R sebesar -0,605 (p= 0,545 > 0,05) sehingga bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Carrefour. Namun hasil perhitungan efek lansung dan tidak langsung diketahui besarnya efek langsung terhadap loyalitas pelanggan adalah -0,335; sedangkan untuk efek tidak langsungnya adalah sebesar -0,139. Oleh karena efek langsung lebih kecil jika dibandingkan dengan efek tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7891/1/B100060016.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7891/2/B100060016.pdf Kusuma, Paramita Putri (2010) ANALISIS PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Kasus Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100060016
spellingShingle HD28 Management
Kusuma, Paramita Putri
ANALISIS PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Kasus Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo)
title ANALISIS PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Kasus Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo)
title_full ANALISIS PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Kasus Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo)
title_fullStr ANALISIS PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Kasus Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo)
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Kasus Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo)
title_short ANALISIS PENGARUH EKSPEKTASI PELANGGAN DAN APLIKASI BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR (Studi Kasus Pada Hypermarket Carrefour di Sukoharjo)
title_sort analisis pengaruh ekspektasi pelanggan dan aplikasi bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai mediator studi kasus pada hypermarket carrefour di sukoharjo
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/7891/
work_keys_str_mv AT kusumaparamitaputri analisispengaruhekspektasipelanggandanaplikasibauranpemasaranterhadaployalitaspelanggandengankepuasanpelanggansebagaimediatorstudikasuspadahypermarketcarrefourdisukoharjo