PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) SURAKARTA TAHUN 2009

Kurikulum merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia pendidikan, kurikulum yang baik akan mengantarkan peserta didiknya mencapai visi, misi dan tujuan yang telah disusun oleh suatu lembaga pendidikan. Adapun kurikulum yang diterapkan di SD Muhammadiyah PK Surakarta menggabungkan antara kuriku...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SANTOSO, TRI AGUS
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/7651/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804116516145201152
author SANTOSO, TRI AGUS
author_facet SANTOSO, TRI AGUS
author_sort SANTOSO, TRI AGUS
collection ePrints
description Kurikulum merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia pendidikan, kurikulum yang baik akan mengantarkan peserta didiknya mencapai visi, misi dan tujuan yang telah disusun oleh suatu lembaga pendidikan. Adapun kurikulum yang diterapkan di SD Muhammadiyah PK Surakarta menggabungkan antara kurikulum pendidikan nasional dan kurikulum tambahan yang dikemas menjadi Kurikulum Sekolah Syariah (KSS). Karena menggunakan kurikulum inikah SD Muhammadiyah PK Surakarta menjadi salah satu SD unggulan di Surakarta. Berdasarkan keterangan di atas maka skripsi ini membahas tentang penyususnan kurikulum SD Muhammadiyah (PK) Surakarta. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui cara penyusunan kurikulum SD Muhammadiyah (PK) serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi pengelola SD Muhammadiyah PK dalam mengembangkan SD Muhammadiyah PK. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan proses berfikir induktif. Hasil penilitian ini adalah 1) penyusunan kurikulum di SD Muhammadiyah PK melibatkan a) tenaga ahli, b) komite sekolah, c) guru bagian kurikulum, d) guru koordinator mata pelajaran, e) guru mata pelajaran, melalui rapat kerja guru, 2) penyusunan visi, misi dan tujuan dengan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami serta mencakup seluruh aspirasi pihak yang terkait, 3) siswa selain diwajibkan mengikuti program belajar mengajar juga diwajibkan mengikuti muatan lokal, 4) dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah setiap guru wajib membuat silabus dan RPP, 5) standar isi kurikulum memuat kurikulum nasional dan tambahan dan 6) faktor pendukungnya a) adanya disiplin guru yang tinggi, b) adanya fasilitas yang lengkap, c)adanya SDM yang mumpuni, faktor penghambatnya a) minimnya tenaga ahli dalam bidang kurikulum.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:7651
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:7651 https://eprints.ums.ac.id/7651/ PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) SURAKARTA TAHUN 2009 SANTOSO, TRI AGUS BP Bahaism. Theosophy, etc Kurikulum merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia pendidikan, kurikulum yang baik akan mengantarkan peserta didiknya mencapai visi, misi dan tujuan yang telah disusun oleh suatu lembaga pendidikan. Adapun kurikulum yang diterapkan di SD Muhammadiyah PK Surakarta menggabungkan antara kurikulum pendidikan nasional dan kurikulum tambahan yang dikemas menjadi Kurikulum Sekolah Syariah (KSS). Karena menggunakan kurikulum inikah SD Muhammadiyah PK Surakarta menjadi salah satu SD unggulan di Surakarta. Berdasarkan keterangan di atas maka skripsi ini membahas tentang penyususnan kurikulum SD Muhammadiyah (PK) Surakarta. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui cara penyusunan kurikulum SD Muhammadiyah (PK) serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi pengelola SD Muhammadiyah PK dalam mengembangkan SD Muhammadiyah PK. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan proses berfikir induktif. Hasil penilitian ini adalah 1) penyusunan kurikulum di SD Muhammadiyah PK melibatkan a) tenaga ahli, b) komite sekolah, c) guru bagian kurikulum, d) guru koordinator mata pelajaran, e) guru mata pelajaran, melalui rapat kerja guru, 2) penyusunan visi, misi dan tujuan dengan menggunakan kalimat yang jelas dan mudah dipahami serta mencakup seluruh aspirasi pihak yang terkait, 3) siswa selain diwajibkan mengikuti program belajar mengajar juga diwajibkan mengikuti muatan lokal, 4) dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah setiap guru wajib membuat silabus dan RPP, 5) standar isi kurikulum memuat kurikulum nasional dan tambahan dan 6) faktor pendukungnya a) adanya disiplin guru yang tinggi, b) adanya fasilitas yang lengkap, c)adanya SDM yang mumpuni, faktor penghambatnya a) minimnya tenaga ahli dalam bidang kurikulum. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7651/1/G000070132.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/7651/2/G000070132.pdf SANTOSO, TRI AGUS (2010) PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) SURAKARTA TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000070132
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
SANTOSO, TRI AGUS
PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) SURAKARTA TAHUN 2009
title PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) SURAKARTA TAHUN 2009
title_full PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) SURAKARTA TAHUN 2009
title_fullStr PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) SURAKARTA TAHUN 2009
title_full_unstemmed PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) SURAKARTA TAHUN 2009
title_short PENYUSUNAN KURIKULUM SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) SURAKARTA TAHUN 2009
title_sort penyusunan kurikulum sd muhammadiyah program khusus pk surakarta tahun 2009
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/7651/
work_keys_str_mv AT santosotriagus penyusunankurikulumsdmuhammadiyahprogramkhususpksurakartatahun2009